Prajurit TNI AU Usir Mertua, Anggota DPR Ingatkan Pengawasan-Sumpah

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:58 WIB
Video seorang pria anggota TNI AU berlaku kasar kepada ibu mertua yang duduk di kursi roda viral di medsos. TNI AU bertindak atas peristiwa tersebut. (Screenshot video viral)
Video seorang pria anggota TNI AU berlaku kasar kepada ibu mertua yang duduk di kursi roda viral di medsos. TNI AU bertindak atas peristiwa tersebut. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan prajurit TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Koptu Merman, mengusir ibu mertuanya. Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Natakusumah, mengapresiasi komandan TNI AU yang telah tanggap menindaklanjuti kasus tersebut.

"Kami mendengar hal tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak ada kekerasan fisik yang terjadi. Kami mengapresiasi pihak komandan TNI AU yang berperan dalam penyelesaian masalah keluarga tersebut," ujar Rizki saat dihubungi, Rabu (8/12/2021).

Meski begitu, legislator Partai Demokrat (PD) itu berharap agar para komandan sejak awal mengayomi anak buahnya untuk berbuat santun kepada keluarga. Dia berharap agar kejadian serupa tak terulang kembali.

"Kami harap sejak awal para komandan sudah mengayomi anak buahnya untuk selalu berbuat baik kepada keluarga mereka masing-masing," katanya.

"Kami juga berharap tidak ada hal serupa yang terjadi lagi," lanjutnya.

Sebab, dia menilai seorang prajurit memiliki tanggung jawab lebih atas perilakunya. Menurutnya, seorang prajurit harus mampu menjadi teladan sesuai dengan sumpah prajurit.

"Kami menilai bahwa para prajurit memiliki beban tanggung jawab ganda. Mereka harus menjadi panutan baik di dalam maupun di luar pekerjaan mereka. Hal ini karena menjadi prajurit merupakan status yang tidak bisa ditanggalkan, walaupun ia sedang berada di rumah," katanya.

"Mereka harus senantiasa berbuat baik karena tingkah laku mereka harus selalu berpatokan dengan sumpah prajurit," sambung dia.

Senada, anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi, menyampaikan apresiasi kepada TNI AU yang telah bertindak terhadap anggotanya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Tonton juga Video: Survei Indikator: TNI Paling Dipercaya Publik, KPK di Posisi ke-5

[Gambas:Video 20detik]