Tak Ada Reshuffle Hari Ini, Waketum PKB: Tahun Depan Formasi Baru

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:03 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid.
Jazilul Fawaid (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan reshuffle kabinet hari ini, yang bertepatan dengan Rabu Pon, tidak terbukti. Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid menyebut formasi Kabinet Indonesia Maju sudah baru pada 2022.

"Ini sampai hari ini tertutup ya, belum ada bisik-bisik dari Istana. Tapi saya melihatnya, kalau begini biasanya ada kejutan, tunggu saja kejutannya, karena belum ada nih," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Jazilul menyebut tanda-tanda reshuffle sudah terlihat. Dia menyebut masyarakat juga sudah menunggu seperti apa formasi baru kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Tapi tanda-tandanya, karena masyarakat juga menunggu, ingin melihat formasi yang baru ya, berarti tahun baru depan udah baru, ya kan," sebut Jazilul.

Dalam beberapa kali, baik di periode pertama maupun kedua, reshuffle dilakukan pada Rabu Pon atau Rabu Pahing. Pada Desember ini, Rabu Pon jatuh pada hari ini, sedangkan Rabu Pahing jatuh pada 22 Desember.

Berdasarkan kebiasaan, Jokowi mengumumkan reshuffle pada Rabu Pon atau Rabu Pahing. Bulan Desember ini ada satu Rabu Pon dan Rabu Pahing.

Rabu Pon jatuh pada 8 Desember, hari ini. Sedangkan Rabu Pahing jatuh pada 22 Desember. Akankah reshuffle diumumkan 22 Desember?

"Kalau tanggal 22 Desember sudah pasti Rabu Pahing dan Hari Ibu. Kalau terjadi hari itu, berarti tebakan teman-teman benar," ucap Jazilul.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.