Angin Puting Beliung Terjang Bangka Belitung, 217 Rumah Rusak

Deni Wahyono - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:03 WIB
Rumah warga rusak akibat puting beliung di Babel (dok. BPBD)
Rumah warga rusak akibat puting beliung di Babel (Foto: dok. BPBD)
Pangkalpinang -

Ratusan rumah di Desa Bencah, Kecamatan Air Gegas, Bangka Selatan, Bangka Belitung (Babel), rusak diterjang angin puting beliung. Ada 217 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

"Update hari ini, total 217 unit rumah warga tertimpa musibah puting beliung di Desa Bencah, Kabupaten Bangka Selatan," jelas Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu (8/12/2021).

Mikron mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ulang terkait musibah yang terjadi akibat fenomena La Nina itu. BPBD Bangka Belitung menyebut ada 100 rumah yang rusak berat.

"Rinciannya, rusak berat ada 100 rumah, rusak sedang 50 rumah, dan rusak ringan ada 67 unit rumah di dua RW Desa Bencah," sebut Mikron.

Angin puting beliung juga merusak satu unit rumah warga di Belitung Timur. Tim dari BPBD Babel diterjunkan untuk membantu warga.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Babel saat ini sudah ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan berupa terpal sebanyak 130, sisa lainnya dari BPBD Basel," tegasnya.

Mikron mengatakan pihaknya sedang membangun dapur umum di Desa Bencah. Selain angin puting beliung, banjir rob terjadi di sejumlah wilayah Babel.

"Banjir di Pangkalpinang merendam sebanyak 464 unit rumah, di Kabupaten Bangka banjir menggenangi sebanyak 358 unit rumah," beber Mikron.

Selanjutnya, banjir di Belitung menggenangi 10 rumah dan 30 rumah di Bangka Tengah dan di 40 rumah di Bangka Barat (Babar).

"Kita selalu koordinasi dengan BPBD daerah agar selalu sigap dan melihat cuaca dan air pasang atau rob," ujar Mikron.

(haf/haf)