Jokowi Beli Jaket Bomber dari Kain Tenun Dayak Sintang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 14:43 WIB
Presiden Jokowi berbelanja jaket bomber motif Dayak Sintang produksi pelaku UMKM setempat di Bandara Tebelian, Sintang, Kalbar.
Presiden Jokowi berbelanja jaket bomber motif Dayak Sintang produksi pelaku UMKM setempat di Bandara Tebelian, Sintang, Kalbar. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Sintang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri melihat karya-karya seni pelaku UMKM di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Jokowi kemudian membeli jaket bomber tenun Dayak Sintang.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (8/12/2021), Jokowi menemui para pelaku UMKM di sudut Bandara Tebelian, saat acara peresmian bandara itu. Mulanya Jokowi tertarik melihat kain tenun ikat Sintang.

Dalam kunjungan kerja ini. Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. Para menteri dan gubernur ikut menyarankan sejumlah produk agar dipilih Jokowi.

"Ayo, Pak. Beli, Pak, untuk mempromosikan kain tenun Sintang," ucap Sutarmidji kepada Jokowi.

Jaket bomber motif Dayak Sintang merah jadi pilihan Jokowi. Usai dibeli, jaket bomber itu langsung dikenakan Jokowi.

Sementara itu, Pratikno, Basuki, dan Budi Karya membeli seulas kain tenun yang juga langsung dipakai.

Sebelumnya, Jokowi meresmikan Bandara Tebelian. Jokowi, dalam sambutannya, menjelaskan soal pentingnya konektivitas antarprovinsi, daerah, dan kabupaten di masa sekarang.

"Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan. Bandara ini akan mampu melayani penumpang 75.000 penumpang per tahun dan menghabiskan anggaran totalnya Rp 518 miliar. Bandara ini sangat penting untuk melayani kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai," kata Jokowi di lokasi, seperti dilihat detikcom dari siaran langsung di Youtube Sekretariat Presiden, siang tadi.

Jokowi mengatakan saat ini kompetisi antarnegara semakin sengit. Karena itu, kelancaran konektivitas menjadi kunci berkembangnya ekonomi negara.

"Dan di era kompetisi antarnegara yang semakin sengit, kita memang harus bergerak dengan lebih cepat. Oleh sebab itu, kelancaran konektivitas adalah kunci," tegas Jokowi.

Lihat video 'Jokowi Terima Satu Truk Jeruk Warga Karo: Nanti Saya Bagi ke Menteri PUPR':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.