Jokowi Beli Jaket Bomber dari Kain Tenun Dayak Sintang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 14:43 WIB
Presiden Jokowi berbelanja jaket bomber motif Dayak Sintang produksi pelaku UMKM setempat di Bandara Tebelian, Sintang, Kalbar.
Presiden Jokowi berbelanja jaket bomber motif Dayak Sintang produksi pelaku UMKM setempat di Bandara Tebelian, Sintang, Kalbar. (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Dan kita harus mampu membuat konektivitas antarprovinsi antardaerah, antarkabupaten semakin mudah, lancar, terjangkau oleh masyarakat. Sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," sambung dia.

Di samping itu, Jokowi menyampaikan rasa syukur lantaran angka investasi di luar Jawa tahun ini meningkat. Bahkan, imbuh dia, lebih tinggi dibanding Pulau Jawa.

"Dan kita patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa. Dan peningkatan investasi di luar Jawa ini tidak terlepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru Tanah Air," jelas dia.

Jokowi menekankan pembangunan saat ini tak bersifat Jawa-sentris, melainkan Indonesia-sentris. Jokowi yakin daerah-daerah di luar Jawa dapat mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat jika infrastruktur transportasi memadai.

"Dan kita membangun infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa, tetapi Indonesia-sentris. Karena kita, percaya bahwa daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur konektivitas dan transportasi yang memada. Sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar menjangkau pasar yang semakin besar, semakin luas. Dan menekan waktu serta biaya, sehingga biaya logistik semakin efisien dan kompetitif," lanjut dia.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, pagi hari ini saya resmikan," ucap Jokowi, yang disambut tepuk tangan tamu undangan acara Peresmian Bandara Tebelian.


(aud/dhn)