Tak Lapor KPK, Ternyata Jokowi Langsung Beli 1 Truk Jeruk dari Warga Karo

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 12:35 WIB
Potret Truk 3 Ton Jeruk Oleh-oleh Warga Karo ke Jokowi di Istana
Jokowi diberi satu truk jeruk. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat satu truk jeruk dari warga Karo, Sumatera Utara. Bagaimana nasib satu truk jeruk untuk Jokowi ini?

Untuk diketahui, Jokowi kerap melaporkan barang-barang yang diterimanya ke KPK, termasuk gitar dari band legendaris Metallica. Ini karena penyelenggara negara tidak boleh menerima gratifikasi. Soal jeruk yang diterima Jokowi, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Faldo Maldini, menyebut Jokowi sudah mengganti pemberian tersebut dengan sebuah goodie bag.

"Di dalam video, Presiden menyerahkan sendiri pembayaran jeruk tersebut di dalam goodie bag. Beliau bilang 'gantinya'. Dapat dilihat sendiri, silakan dicek di videonya," kata Faldo Maldini saat dihubungi, Rabu (8/12/2021).

Dilihat detikcom dalam video yang dimaksud Faldo, Jokowi memang memberikan sebuah goodie bag kepada warga Karo yang memberikan satu truk jeruk buat Jokowi. Jokowi juga berkata, "Ini nanti sampaikan ke petani oleh-oleh sudah saya terima. Gantinya."

Faldo menegaskan Jokowi secara konsisten selalu memberi teladan soal barang-barang yang diterimanya, termasuk soal jeruk. Bukan tanpa alasan, kata Faldo, Jokowi memutuskan membayar jeruk tersebut.

Faldo MaldiniFaldo Maldini (Foto: Dok. Istimewa).

"Presiden secara konsisten sudah menunjukkan sikap beliau soal-soal pemberian ini. Dulu, gitar dari Metallica juga pernah, kuda juga pernah diberikan ke KPK," kata Faldo.

"Namun, pemberian dari rakyat kecil, petani, yang sangat mencintai beliau, tentu lebih elok dibayar saja, dibeli saja, ketimbang dibawa-bawa ke KPK. Nanti, petani sedih. Ada kepantasanlah dalam bernegara," ujarnya.

1 Truk Jeruk untuk Jokowi

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, di Istana Merdeka. Warga membawa satu truk 3 ton jeruk sebagai 'oleh-oleh' untuk Jokowi.

Setia Sembiring, salah seorang perwakilan warga, mengatakan ia bersama rekan-rekannya datang langsung menemui Jokowi dengan harapan mendapatkan perhatian dari Jokowi terkait kondisi jalan yang rusak di daerahnya. Menurutnya, jalan yang rusak tersebut juga berdampak pada warga di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

"Tadi di dalam kami mengantarkan oleh-oleh ini, mudah-mudahan dan kami harapkan Bapak Presiden kita memperhatikan kami masyarakat Desa Liang Melas yang jumlahnya enam desa ditambah tiga dusun. Jadi kami harapkan benar bantuan Bapak itu agar desa kami bisa ada perubahan dari dulunya menjadi agak lebih baik," jelas Setia saat ditemui setelah diterima Presiden Jokowi, Senin (6/12/2021).

Simak video 'Jokowi Terima Satu Truk Jeruk Warga Karo: Nanti Saya Bagi ke Menteri PUPR':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/dhn)