Puteri Indonesia Sesalkan Video Rasis tapi Bangga Olvah Alhamid Minta Maaf

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 11:28 WIB
Jakarta -

Finalis Puteri Indonesia 2015, Olvah Alhamid jadi disorot karena video pernyataannya yang berbau rasis. Yayasan Puteri Indonesia pun menyayangkan ujaran berbau rasis Olvah ini.

"Dalam hal ini kami sebagai bagian keluarga Puteri Indonesia ikut menyesal dengan apa yang disampaikan oleh Olvah. Tetapi kami juga bangga dan bahagia karena Olvah dengan berbesar hati mengakui kesalahannya, kekhilafannya dan sudah memberikan klarifikasi," kata Kepala Departemen Komunikasi Yayasan Puteri, Mega Angkasa kepada wartawan, Selasa (8/12).

Mega menegaskan bahwa Olvah pada dasarnya sangat menolak rasisme. Dia bersyukur Olvah akhirnya sudah meminta maaf.

"Pada dasarnya, Olvah adalah seorang remaja muda yang berprestasi dan sangat menolak apa yang disebut dengan rasisme. Dan kami bersyukur semua sudah clear. Olvah sudah memberikan klarifikasi untuk minta maaf dan berharap hal ini nggak terjadi lagi untuk waktu ke depannya," jelasnya.

Sebelumnya, video yang berasal dari story Instagram @olvaholvah itu muncul di sebuah video TikTok dan viral di Twitter. Dalam video tersebut, Olvah tampak baru sampai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dia melihat beberapa penumpang yang juga baru sampai di bandara. Dia lantas menyebut orang-orang yang lewat itu dengan nada rasis.

"Nih orang-orang ini orang Cina semua nih. Mereka takut loh, takut ama kita, padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia," kata Olvah dalam video seperti dilihat detikcom, Rabu (8/12/2021).

Tak sampai di situ saja. Olvah juga meneriaki orang-orang itu.

"Hei Cina-cina, hey hua huh!" ujarnya.