Jokowi Resmikan Bandara Tebelian Sintang Kalbar

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 11:22 WIB

Jokowi lalu menabuh alat musik sejenis gendang khas daerah setempat berkali-kali. Dia juga menandatangani prasasti tanda peresmian bandara.

Sebelum diresmikan Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan asal-usul nama bandara. Dia menerangkan lokasi Bandara Tebelian terletak di wilayah terluar, berbatasan dengan Malaysia.

"Tebelian adalah nama dari lain kayu besi, Bapak. Menjadi simbol dari bandara ini. Pada kesempatan ini kami perkenankan menyampaikan terima kasih Pak Presiden berkenan hadir dan meresmikan bandara yang berbatasan dengan Malaysia, merupakan daerah terluar," ujar Budi.

Budi lalu melaporkan informasi perihal Bandara Tebelian. Dia menuturkan keberadaan bandara di Kabupaten Sintang sangat penting untuk mendukung perkembangan industri kebun, tambang, serta pariwisata.

"Izinkan saya melaporkan perkembangan bandara ini. Pada dasarnya bandara ini adalah bandara kedua, sebelumnya ada Bandara Susilo yang tidak bisa kita gunakan lagi. Dan kita melakukan pemindahan, dan saat ini sudah dibangun dari 2011 memang, tetapi kami intensifkan tahun lalu," jelas Budi.

"Sehingga bandara ini yang sangat penting untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, pariwisata di Kabupaten Sintang, Sekadau, Sengau, Melawi," tambah Budi.

Budi memaparkan Bandara Tebelian dibangun di atas tanah yang disediakan Pemkab Sintang. Luas Bandara Tebelian 153 hektare.

"Tanah daripada bandara ini adalah tanah yang disediakan Kabupaten Sintang seluas 153 hektare dan sudah memiliki satu rencana induk. Kementerian Perhubungan melakukan pembangunan dengan biaya Rp 580 miliar," pungkas Budi.


(aud/dhn)