Satgas TNI Tembak Mati 1 KST di Yahukimo Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 04:21 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Yahukimo -

Satuan Tugas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Separatis dan Teroris (KST) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Suru-suru, kabupaten Yahukimo, Papua. Penembakan terjadi usai baku tembak antara pasukan dan KST.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kol Arm Reza Nur Patria mengatakan, kontak tembak terjadi saat pasukan dari Satuan Tugas TNI melakukan patroli di sekitar Distrik Suru-suru. Pasukan melihat sekelompok Kelompok Separatis dan Teroris (KST) sehingga terjadi kontak senjata.

"Kontak senjata antara Satuan Tugas TNI dengan KST atau KKB itu terjadi di Distrik Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Selasa (7/12) sekitar pukul 08.00 WIT, mengakibatkan satu anggota KST meninggal," ujar Reza.

Reza menyebutkan, anggota KKB di distrik Suru-suru ini adalah kelompok yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan penembakan terhadap anggota TNI di

" Selain menembak mati satu orang, anggota KST, Satgas TNI juga berhasil mendapatkan 1 pucuk senjata laras panjang organik, 5 magazen, sejumlah munisi 5,56 mm dan beberapa bukti lainnya," katanya.

Sampai dengan saat ini sambung Reza, Satgas TNI melaksanakan siaga untuk memonitor perkembangan situasi.

Sejak 20 November lalu, tercatat lima prajurit TNI terluka dan dua di antaranya gugur di Suru-suru. Kedua prajurit yang gugur sebelumnya ialah Sersan Satu TNI Ari Baskoro dan Rahaldi.

Sejak 20 November lalu, tercatat lima prajurit TNI terluka dan dua di antaranya gugur di Suru-suru. Kedua prajurit yang gugur sebelumnya ialah Sersan Satu TNI Ari Baskoro dan Rahaldi.

(dwia/dwia)