Optimis Gus Yahya Jadi Ketua Umum PBNU: Ibarat Kalau Muktamar Besok, Mari Aja

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 01:08 WIB
Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya
Foto: Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (Nahda-detikcom)
Jakarta -

Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya optimis menjadi Ketua Umum PBNU. Yahya juga mengatakan persiapan untuk agenda muktamar PBNU sudah tahap final.

"Persiapan sudah final. Ibaratnya kalau muktamar besok sudah mari aja kita," kata Yahya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, (8/12/2021)

"Ya Insya Allah saya bilang optimis nggak optimis karena ini semua adalah tergantung kehendak Allah SWT, tapi biar saya sudah maksimal dalam arti, saya sudah bertemu dengan sebagian besar cabang, dan wilayah," tambahnya.

Yahya juga mengatakan sebagian besar yang sudah bertemu dengannya menyatakan dukungan terhadap Yahya. Menurut Yahya, dalam hitungannya dirinya sudah mempunyai dukungan mayoritas.

"Dan sebagian besar yang saya temui itu sudah menyatakan dukungan," jelas Yahya.

"Sejauh ini, saya sangat, hitungan kami bahwa kami sudah punya dukungan mayoritas," imbuh Yahya.

Malam ini, pihak Yahya melakukan konferensi besar Nahdlatul Ulama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Yahya menjelaskan agenda konbes itu terkait pengukuhan kesepakatan muktamar PBNU yang akan diselenggarakan pada tanggal 23-25 Desember 2021.

"Mengukuhkan kesepajatan PBNU tadi bahwa muktamar akan diselenggarakan 23-25 Desember. itu saja," tutur Yahya.

Diketahui sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan Muktamar ke-34 akan digelar pada 23-25 Desember 2021. Hal ini disepakati setelah digelarnya Konferensi Besar (Konbes NU).

"Sebagaimana hasil munas konbes NU tanggal 26 September yang lalu, maka pelaksanaan Muktamar NU ke-34 di Lampung tanggal 23-25 Desember insyaallah akan dapat berjalan Muktamar NU bersama kita semua," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di kantor PBNU, Jl Salemba Raya, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Dia mengatakan keputusan ini dibuat tak terlepas dari kebijakan pemerintah yang membatalkan penerapan PPKM level 3 di seluruh daerah di masa libur Natal dan tahun baru.

"Wabah virus COVID-19 perkembangannya semakin membaik sehingga pemerintah menarik kembali kebijakan PPKM level 3," katanya.

Simak Video 'Rincian Lokasi Muktamar ke-34 PBNU yang Bakal Digelar di Lampung':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)