Kemnaker Raih Anugerah Meritokrasi dengan Predikat Sangat Baik

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 18:06 WIB
Kemnaker Raih Anugerah Meritokrasi dengan Predikat Sangat Baik
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berhasil meraih predikat sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam penerapan sistem merit. Penghargaan tersebut diberikan dalam Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah lantas mengapresiasi atas keberhasilan kementeriannya meraih penghargaan tersebut. Menurutnya, hal itu buah dari kerja keras seluruh pegawai di Kemnaker yang sudah berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN.

"Keberhasilan tersebut juga merupakan hasil dari komitmen instansi pemerintah untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan pengelolaan manajemen SDM ASN secara berkualitas berdasarkan sistem merit akan mampu mengurangi intervensi politik dalam pengisian jabatan.

"Pegawai ASN menjadi terlindungi karier mereka dari politisasi dan kebijakan yang bertentangan dengan prinsip merit, seperti nepotisme dan primordialisme," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan anugerah meritokrasi menjadi bukti konsistensi penegakkan atas pengawasan meritokrasi di instansi pemerintah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Itikad baik tersebut diyakininya dapat mengakselerasi reformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi.

"Sistem merit harus diterapkan secara konsisten mulai dari sistem rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan," pungkas Wapres.

Simak Video 'Jateng Ungguli Jatim, Jabar dan DKI Jakarta dalam Anugerah Meritokrasi':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)