Pemkot Makassar Segel Kantor Perusda Usai Direksi Diberhentikan Walkot

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 16:18 WIB
Satpol PP Makassar menyegel seluruh kantor direksi Perusda Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Satpol PP Makassar menyegel seluruh kantor direksi perusda Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyegel kantor seluruh direksi perusahaan daerah (perusda). Kebijakan itu dilakukan setelah Wali Kota Danny Pomanto memberhentikan seluruh direksi perusda.

"Kami laksanakan perintah dan sudah melakukan penyegelan di PD Parkir sudah selesai, sekarang masih berlangsung di Kantor PDAM Kota Makassar," kata Kasatpol PP Makassar Iqbal Asnan saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (7/12/2021).

Tidak ada protes atau kendala saat Satpol PP Makassar menyegel seluruh kantor direksi perusda.

"Intinya semua perusda sampai saat ini kooperatif dan teman-teman menyegel untuk mengamankan seluruh aset Pemerintah Kota Makassar," jelasnya.

"Sesuai SK Wali Kota, pemberhentian seluruh pimpinan direksi dan badan pengawas dan sudah ditunjuk 5 tim transisi untuk mengamankan seluruh aset," tambahnya.

Sementara itu, anggota Tim Percepatan Penataan Perusda Makassar, Aminuddin Imar, mengatakan pemberhentian perusda dilakukan karena tidak memenuhi target dividen kepada daerah.

"Sisi pengelolaan ditemukan banyak pengelolaan dengan laba yang diperoleh hampir seimbang, dan yang ketiga kita temukan banyak persoalan lain yang bermasalah baik di kepolisian maupun di kejaksaan," Ilmar dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (7/12).

"Percepatan penataan total badan usaha menyatakan bahwa proses penataan BUMD kota Makassar itu pada perda tentang RPJMD kota Makassar. Salah satu misi dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar itu adalah penataan total BUMD Kota Makassar," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto memberhentikan seluruh direksi perusahaan daerah (perusda) Kota Makassar. Pemberhentian itu resmi berlaku sejak hari ini.

"(Pembekuan seluruh direksi perusda Makassar) mulai berlaku hari ini," kata Danny saat dihubungi detikcom, Selasa (7/12).

(nvl/nvl)