Indonesia Menjadi Partner Country di Pameran Perhiasan SIJE 2021

Sponsored - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 17:00 WIB
Indonesia Menjadi Partner Country di Pameran Perhiasan SIJE 2021
Foto: Pegadaian 24
Jakarta -

Pameran perhiasan di Singapore International Jewelry Expo (SIJE) kembali hadir. Pameran yang berlangsung di Marina Bay Sands & Convention Center ini digelar pada tanggal 2-5 Desember 2021. Sebelumnya pameran tahun lalu ditunda pelaksanaannya akibat pandemi COVID-19, namun digelar kembali tahun ini untuk masyarakat umum.

Walau pandemi COVID-19 telah membatasi ruang untuk beraktivitas, Singapore International Jewelry Expo (SIJE) kini kembali menggelar pameran perhiasan terbesar di Singapura. Indonesia mendapat kesempatan untuk dapat menampilkan produk-produk industri aneka olahan perhiasan.

Sebanyak tujuh negara ikut serta dalam expo tahun ini, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi partner country dan diikuti oleh para pelaku industri perhiasan, baik pengrajin, designer, maupun pabrik perhiasan dari berbagai negara antara lain Italia, Hong Kong, Jepang dan Singapura.

Pagelaran acara SIJE dibuka secara langsung oleh Ms. Low Yen Ling, Minister of State, Ministry of Trade & Industry, and Ministry of Culture, Community and Youth. Menteri Negara Perdagangan dan Industri Singapura Ms. Low Yen Ling tertarik melihat perhiasan karya pengrajin Indonesia, upaya ini adalah untuk memanggungkan para pengrajin dari usaha kecil dan menengah di kancah internasional.

Dalam kesempatan ini, Indonesia menampilkan perhiasan dari 15 UMKM unggulan yang berasal dari 9 provinsi di Indonesia, yakni NTB, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Salah satunya yaitu Galeri 24, Galeri 24 mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang pameran SIJE dengan menampilkan produk-produk eksklusifnya yaitu gold bullion. Gold bullion ini merupakan produk yang dikemas secara eksklusif dengan design yang unik dan memiliki filosofi di setiap desainnya sehingga produk ini mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dari yang lainya, oleh karena itu produk ini cocok untuk dijadikan cinderamata.

Seperti halnya busana, perhiasan sebagai bagian dari fashion juga berubah dari waktu ke waktu mengikuti tren yang terjadi. Penampilan akan semakin sempurna jika ditambahkan dengan perhiasan Terlebih, perhiasan merupakan fashion item yang versatile atau dapat dipadupadankan dengan gaya berpakaian apa pun.

"Dalam ajang pameran ini diharapkan Galeri 24 atau industri emas Indonesia dapat bisa terus meningkatkan kualitas produk-produknya agar dapat bersaing dengan industri-industri negara lain, bila perlu kita menjadi pusat penghasil emas terbaik di seluruh dunia,". ujar Direktur PT Pegadaian Galeri 24 Arifmon dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Dalam ajang pameran perhiasan ini KBRI Singapura mengatakan Indonesia memamerkan perhiasan emas dan mutiara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan desain yang unik dan indah. Keunggulan mutiara dari Lombok telah diakui secara luas karena telah diekspor ke luar negeri dengan harga yang cukup tinggi. Ciri utama mutiara Lombok adalah dari bentuk, ukuran dan kilauannya.

"Perhiasan karya pengrajin Indonesia sangat beragam jenisnya, baik itu yang terbuat dari emas, perak, maupun mutiara. Salah satu yang bisa dilihat dalam pameran kali ini adalah mutiara asal Lombok yang sangat indah karena diambil dari dalam laut Indonesia," ungkap Duta Besar Indonesia Suryopratomo.

Paviliun Indonesia pada SIJE 2021 menarik perhatian para pengunjung karena menggelar persembahan 'Celebration of Indonesian Jewels' Pagelaran yang akan menampilkan setidaknya 20 jenis perhiasan Indonesia tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Persatuan Wanita Indonesia di Singapura (PWIS). Bahkan sejak pagi hari Paviliun Indonesia sudah dikunjungi para pecinta perhiasan.

(Content Promotion/Pegadaian 24)