e-Life

Apa Anak Hasil Nikah Siri Bisa Dapat Warisan?

dtv - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 12:18 WIB
Jakarta -

Menurut hukum waris Islam, ahli waris adalah mereka yang memiliki hubungan darah (nasab) atau hubungan perkawinan yang sah dengan pewarisnya. Lalu, bagaimana dengan anak dari hasil pernikahan siri? Apakah mereka berhak atas harta waris orang tuanya?

Hal ini menjadi pertanyaan penonton program e-Life detikcom (3/12/21) dan dijawab oleh dosen hukum waris Islam Fakultas Hukum UGM, Dr Destri Budi Nugraheni, SH, MSI.

Tanya:

"Assalamualaikum, selamat malam. Izin bertanya, apakah anak nikah siri berhak atas harta waris?"

Jawaban:

Salah satu hal yang digarisbawahi dari hubungan nasab adalah soal hasil perkawinan yang sah, sehingga jika kasusnya adalah pernikahan siri, penting untuk memastikan bahwa pernikahan tersebut sudah di-ijbat-kan, atau disahkan ke pengadilan agama

Apabila pernikahan siri belum melakukan ijbat nikah, bisa jadi di akta kelahiran anak-anak dari pernikahan tersebut tertulis bahwa mereka dari perkawinan yang belum tercatat.

Selain itu, penting untuk melakukan penetapan pengesahan nikah siri karena, jika tidak disahkan, tidak ada kutipan akta nikah yang menegaskan keabsahan perkawinan secara agama.

Maka, ada dua perkara di sini, yaitu mengenai pembagian harta warisan serta penetapan pengesahan nikah siri.

Hakim akan memeriksa apakah perkawinan tersebut sah, dan apabila sah, maka anak-anak hasil perkawinan tersebut akan menjadi ahli warisnya.

Untuk video lengkapnya tentang warisan bisa dilihat di atas.

(gah/gah)