Tangkap Pria Penyimpan Narkoba di Aceh, Polisi Sita 133 Kg Sabu

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 06 Des 2021 17:19 WIB
Ilustrasi narkoba/ ilustrasi sabu, ilustrasi barang bukti sabu
Ilustrasi Narkoba (Ari/detikcom)
Banda Aceh -

Seorang pria di Aceh Timur, B, ditangkap polisi karena diduga menyimpan tujuh karung sabu di rumahnya. Sabu itu disebut berasal dari Malaysia.

"Tersangka B mengaku kepada petugas bahwa sabu berjumlah 133 kilogram itu bukan miliknya, melainkan disuruh simpan di rumahnya oleh tersangka lain berinisial C yang sudah masuk DPO," kata Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar kepada wartawan, Senin (6/12/2021).

Penangkapan B bermula dari penyelidikan polisi setelah ada informasi sabu yang masuk ke Aceh dari jaringan Indonesia-Malaysia. Tim gabungan Dirresnarkoba Polda Aceh dengan Polres Aceh Timur dan Bea Cukai Aceh menemukan satu unit mobil yang dicurigai terparkir di depan rumah B di Aceh Timur, pada Jumat (3/12).

Polisi menemukan tiga karung tepung terigu berisi 60 bungkus sabu seberat 60 kg saat melakukan penggeledahan. Haydar mengatakan B kemudian mengaku masih ada sabu di rumahnya.

Polisi kembali melakukan penggeledahan dan menemukan empat karung berisi 73 bungkus sabu seberat 73 kilogram.

"Dalam pengungkapan kasus ini ada satu lagi tersangka berinisial F yang juga sudah masuk DPO," jelas Haydar.

"Dengan pengungkapan ini kita telah menyelamatkan sebanyak 666.500 jiwa manusia. Narkoba jenis sabu seberat 133 kilogram ini bila dipasarkan harganya bisa mencapai Rp 150 miliar," lanjutnya.

B dijerat dengan Pasal 114 ayat (2), Pasal 112 ayat (2) dari Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dia terancam hukuman maksimal hukuman mati.

(agse/haf)