Darmawan Prasodjo Dirut PLN Pernah Jadi Caleg PDIP, Ini Sosoknya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 06 Des 2021 16:10 WIB
Darmawan Prasodjo Dirut PLN Pernah Jadi Caleg PDIP, Ini Sosoknya
Darmawan Prasodjo Dirut PLN Pernah Jadi Caleg PDIP, Ini Sosoknya -- pelantikan Darmawan Prasodjo sebagai Dirut PLN (Foto: Dok. PLN)
Jakarta -

Darmawan Prasodjo resmi menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PLN menggantikan Zulkifli Zaini. Darmawan Prasodjo pernah memiliki karir di dunia politik yaitu menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) PDIP.

Dia juga pernah bekerja di di Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Berikut profil beserta perjalanan karir dari Darmawan Prasodjo.

Darmawan Prasodjo: Raih Gelar Doktor Bidang Energi

Mengutip dari situs PLN, Darmawan Prasodjo lahir di Magelang, 19 Oktober 1970. Sebelum terjun ke dunia politik, Darmawan sempat mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi di luar negeri, yaitu:

  • Texas A&M University (Bachelor of Computer Science) tahun 1990 -1994
  • Texas A&M University (Master of Computer Science) tahun 1998 - 2000
  • Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University (Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam) tahun 2004 - 2011.

Darmawan Prasodjo: Caleg PDIP di Tahun 2013

Darmawan pernah menjadi caleg PDIP di Dapil Jateng V pada 2013 lalu. Darmawan Prasodjo gagal maju ke DPR lantaran kalah suara dari 3 orang lainnya, yaitu Puan, Aria Bima, dan Rahmad Handoyo.

PDIP mendapat 3 kursi di Jateng V. Gugatan Darmawan atas perolehan suara Rahmad Handoyo dimenangkan oleh PDIP, sehingga Rahmad Handoyo dipecat.

Darmawan Prasodjo: Menolak Menggantikan Puan

Darmawan Prasodjo sempat diinginkan Puan Maharani menjadi pengganti dirinya di Fraksi PDIP DPR. Sebelum menjadi Menko PMK, Puan ditempatkan di Komisi VII DPR RI yang membidangi masalah energi dan sumber daya alam. Oleh karena itu, Puan ingin Darmawan menggantikan dirinya mengingat Darmawan ahli dalam bidang energi.

Darmawan sudah terlanjut menjabat di KSP sehingga menolak untuk menggantikan Puan Maharani di DPR. Akibatnya, PDIP menunjuk caleg di dapil yang memperoleh suara terbanyak setelah Darmawan.

Darmawan Prasodjo: Sempat Mengabdi di Istana Kepresidenan

Mengutip dari akun Linkedin miliknya, Darmawan Prasodjo pernah bekerja di Istana Kepresidenan sebagai Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden tahun 2015-2019. Tugasnya terdiri dari:

  • Pemantauan, evaluasi, dan pengembangan program prioritas tinggi Presiden.
  • Pemberi nasihat kepada Presiden tentang masalah ekonomi, teknologi, dan energi.

Darmawan Prasodjo: Jenjang Karir di Luar Politik

Selain di dunia politik, Darmawan juga sempat menduduki jabatan lainnya di bidang energi dan sumber daya alam. Berikut ulasan singkat mengenai karir Darmawan Prasodjo selain dalam dunia politik.

  • Direktur di Indonesia Center for Green Economy dan Kepala Jurusan di Prodi Green Economy di Surya University tahun 2012 - 2013
    a. Mengembangkan departemen Ekonomi Hijau.
    b. Berkomitmen untuk menyatukan kebijakan ekonomi yang sehat, energi yang lebih bersih, dan solusi berbasis teknologi agar mengurangi dampak lingkungan dari industri yang lebih tua.
  • Co-chair Post 2015 Millenium Development Goals tahun 2013 - 2014
    a. Memberikan nasihat tentang perekonomian dan memastikan organisasi tersebut menghasilkan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Indonesia.
  • Presiden Komisaris Amnesti Energi Nusantara tahun 2013 - 2014

Darmawan Prasodjo disebut PDIP sebagai kader yang berintegritas. Simak pernyataannya di halaman selanjutnya.