detikcom Do Your Magic: Gundukan Tanah Hilang, Sisa Lubang Sumur Resapan di Pasming

Marteen Ronaldo - detikNews
Senin, 06 Des 2021 15:34 WIB
Usai gundukkan hilang, proyek sumur resapan di Pasar Minggu sisakan lubang.
Galian tanah telah hilang, namun masih ada lubang di Jl Sirsak, Pasar Minggu. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Jakarta -

Gundukan tanah sisa galian sumur resapan atau drainase vertikal di Jl Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, telah diangkut. Namun proyek sumur resapan menyisakan lubang di tengah jalan.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (12/6/2021), lubang itu berbentuk kotak dan berada di galian sumur yang bulat. Melihat dari proyek sumur resapan lain, bagian kotak itu adalah satu kesatuan dari sumur resapan untuk ditempatkan penampung air kecil.

Lubang di jalan itu kurang lebih berjumlah lima lubang. Sebagai penanda, diletakkan batu di pinggir lubang.

Usai gundukkan hilang, proyek sumur resapan di Pasar Minggu sisakan lubang.Setelah gundukan tanah hilang, proyek sumur resapan di Jl Sirsak, Pasar Minggu, sisakan lubang. (Marteen Ronaldo/detikcom)

Amrin Wijaya salah satu warga yang berada di sana, mengatakan bahwa dia tidak mengetahui secara persis terkait adanya lubang di tengah-tengah jalan tersebut.

"Saya kurang tau kenapa dibuat seperti itu, tetapi jujur sebenarnya sangat mengganggu sekali ya, karena kalau orang yang tidak tau pasti akan terperosok atau terjungkal kalau tidak dibuat rambu pengingat," katanya saat ditemui di lokasi.

Ia pun mengaku sangat khawatir terhadap kondisi jalan yang rusak setelah proses pengerjaan sumur resapan selesai dilakukan.

"Kalau bisa diperbaiki seperti awalnya mulus gitu, jangan dibiarkan begini, apalagi kan sisa-sisa tanah merah kemarin juga banyak yang nempel di jalan-jalan," terangnya.

Sementara itu, nada yang sama disampaikan oleh Dini Puspita Sari. Menurutnya, lubang-lubang itu sangat berbahaya bagi pengendara.

"Sangat membahayakan sekali, karena kalau malam hari yang samar-samar jalannya, kalau tidak keliatan sama kita kan bisa aja jadinya nabrak atau gimana gitu," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah DKI Jakarta segera turun tangan menyelesaikan permasalahan terkait sumur resapan di Pasar Minggu.

(aik/aik)