Razman: Bantahan AKBP Dermawan soal Eks Kader Bukti PP Bukan Ormas Preman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 06 Des 2021 12:49 WIB
Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum Pemuda Pancasila, Razman Arif Nasution
Ketua BPPH Pemuda Pancasila Razman Arif Nasution (Foto: Muhammad Hanafi/detikcom)
Jakarta -

AKBP Dermawan Karosekali membantah isu pernah jadi kader Pemuda Pancasila (PP) semasa belum jadi polisi yang diembuskan Ketua BPPH-PP Razman Nasution. Tetapi, Dermawan Karosekali mengaku punya kedekatan dengan ketua ormas PP di Jakarta Utara yang ia sebut sebagai abang angkatnya.

Razman mengatakan, pernyataan AKBP Dermawan ini membuktikan bahwa Pemuda Pancasila bukan ormas preman. Razman kemudian mengaitkan dengan 'bantuan kader PP' kepada AKBP Dermawan di masa lalu.

"Jadi saya luruskan bahwa yang namanya kader tuh ada 2, anggota biasa dan anggota luar biasa. Nah tetapi, apa yang disampaikan oleh saudara AKBP Dermawan ini itu sudah jelas membuktikan bahwa PP itu bukan organisasi preman, bukan organisasi yang buat kerusuhan. Karena dia mengakui bahwa dia hidup di Jakarta dibantu oleh PP, kader PP di Jakarta Utara," kata Razman saat dihubungi, Senin (6/12/2021).


"Di situ tercermin seorang AKBP Dermawan dia dibantu dan ditolong. Nah adapun pernyataan dari teman-teman saya di BPPH, itu bisa jadi (AKBP Dermawan eks anggota PP). Karena dia mungkin bersama terus dengan senior PP di jakarta utara itu, otomatis orang melihatnya, 'oh ini dia PP', gitu," sambung Razman.

AKBP Dermawan Bantah Pernah Jadi Kader PP

Sebelumnya, Ketua BPPH Pemuda Pancasila Razman Arif Nasution menyebutkan jika AKBP Dermawan Karosekali pernah menjadi kader Pemuda Pancasila (PP). Namun hal ini dibantah oleh Dermawan Karosekali.

"Jawabannya ndak," tegas Dermawan Karosekali kepada detikcom, Jumat (3/12).

Dermawan menjelaskan dirinya memang punya abang angkat yang kebetulan adalah kader Pemuda Pancasila. Dia dekat dengan orang tersebut jauh sebelum dirinya menjadi polisi.

"Saya memang punya abang angkat yang saya sayang banget sebelum saya polisi, ketua (Pemuda Pancasila) dulu ketua di Jakarta Utara," jelasnya.

"Dan saya pikir enggak ada hubungannya juga (kasus pengeroyokan terhadapnya) dengan kehidupan saya dulu," tambahnya.

Dermawan adalah anggota Polri dari jenjang PPSS. Dermawan Karosekali merupakan lulusan sarjana olah raga IKIP.

Tahun 2000 sebelum mendaftar PPSS, Dermawan Karosekali merantau ke Jakarta. Saat itulah ia bertemu dengan kakak angkatnya yang merupakan Ketua PP di Jakut.

Lihat juga video 'Sentilan Jokowi untuk Polri: Sowan ke Ormas Hingga soal Investasi':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/mea)