Sungai Lawo Sulsel Meluap, 3 Kecamatan Banjir-2 Rumah Hanyut

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 06 Des 2021 12:28 WIB
banjir padang, ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir (Foto: Endi/pasangmata.com)
Soppeng -

Sungai Lawo di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) meluap akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (5/12) malam. Dua rumah yang berada di sekitar Sungai Lawo hanyut terbawa banjir.

"Iya benar banjir terjadi di 3 kecamatan di wilayah Soppeng," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Soppeng, Yanthi, saat dikonfirmasi, Senin (6/12/2021).

Ketiga wilayah yang dilanda banjir ini adalah Kecamatan Dori Dondri, Kandra, dan Lalabata. Akibat banjir ini, ada dua rumah yang hanyut terbawa air yang cukup deras.

"Ini rumah hanyut bersama isi-isinya, tetapi tidak ada korban jiwa berdasarkan laporan yang masuk ke kami," ucapnya.

Menurutnya, hujan deras mengguyur wilayah Soppeng sejak Minggu (5/12) sekitar pukil 19.00 Wita. Pihaknya juga mendapatkan laporan adanya rumah yang bergeser akibat diterjang banjir di wilayah Ompo.

"Habis pokoknya. Ini saya baru mau jalan ke sana untuk memberikan logistik kepada yang terdampak. Hujan turun terus menerus sejak kemarin ini. Penyebabnya banjir karena curah hujan yang tinggi," kata Yanthi.

Banjir ini diperparah meluapnya Sungai Lawo. Dia menyebut wilayah yang berada di dekat sungai inilah yang terkena dampak paling parah dari banjir.

Sebelumnya, BMKG Wilayah V Makassar dalam keterangannya, juga telah mengeluarkan peringatan dini soal potensi cuaca ekstrem di wilayah Sulsel yang akan terjadi pada 5-7 Desember 2021.

Kepala BBMKG Wilayah V Makassar Darmawan menyebut cuaca ekstrem yang muncul diakibatkan adanya peningkatan Monsun Asia. Fenomena ini menyebabkan meningkatnya suhu muka laut di wilayah Selat Makassar dan Teluk Bone.

Oleh karenanya, fenomena ini akan berpotensi menyebabkan terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat, angin kencang, dan juga gelombang tinggi.

(fiq/jbr)