Warga Kena Banjir Rob Jakarta Disarankan Direlokasi Sementara

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 06 Des 2021 08:42 WIB
Sekretaris Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh
Foto: Nova Harivan Paloh (dok. Istimewa/Foto diberikan oleh narasumber Nova Paloh)
Jakarta -

Banjir Rob kembali terjadi di beberapa lokasi di Jakarta. DPRD DKI Jakarta menilai Pemprov DKI perlu segera melakukan mitigas bencana.

"Ini kan memang istilahnya problematika yang belum terpecahkan untuk di muara Jakarta, tapi kalau ada wilayah yang terdampak juga ini harus benar-benar mitigasi bencana panggil seluruh ahli, terkait dengan masalah ini juga kita harus cari solusinya," ujar Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Nova Paloh, kepada wartawan, Minggu (5/12/2021).

Nova mengatakan kegiatan NCICD atau pembangunan tanggul akan kembali dilanjutkan pada 2022. Sebelumnya kegiatan NCICD ini sempat terhenti karena COVID-19.

"Kedua kita melihat selama ini sudah ada kegiatan NCICD memang kalau saya lihat mata anggaran yang 2022 kita melanjutkan, karena memang di 2020 maupun 2021 kan sempat ada pandemi," tuturnya.

Nova mengatakan mitigasi perlu dipercepat karena cakupan banjir rob telah meluas. Dia menilai perlu ada koordinasi antara Dinas SDA, Dinas LH hingga pakar-pakar terkait.

"Ini sekarang cakupannya bukan di beberapa titik aja ini harus dipercepat, kita mendorong yang perlu bertindak supaya cepat ada koordinasi bersama antara SDA, dinas LH, undang pakar-pakar atau undang pusat juga, untuk bagaimana kita memitigasi bencana ini ke depan, jadi harus ada solusi," kata Nova.

Dia menyebut, bila banjir rob tak kunjung surut dalam beberapa hari maka perlu adanya relokasi kepada warga terdampak. Rusun-rusun yang kosong disebut dapat dijadikan tempat sementara untuk relokasi.

"Kalau memungkinkan direlokasi ya relokasi, kalau itu berhari-hari kan ada rusun kita di wilayah dekat dekat. Jadi kalau berhari-hari belum selesai kan perlu ada tempat pengungsian sementara, itu tidak masalah saya rasa, di beberapa rusun kita yang kosong atau di tempat yang kosong, sambil ada bantuan kan untuk mereka," imbuhnya.

Simak juga 'Banjir Rob Masih Genangi Pademangan Jakarta Utara':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)