6 Fakta dan Data Erupsi Semeru hingga Makan Korban Jiwa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Des 2021 06:00 WIB
Desa Sumber Wuluh di kawasan Lumajang, Jatim, jadi salah satu desa yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Abu tampak selimuti rumah-rumah warga di desa tersebut.
Bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Foto: Antara Foto)

3. Awan Panas di 2 Kecamatan

BNPB melaporkan awan guguran panas melanda dua kecamatan, yakni Kecamatan Pronojiwo pada Desa Pronojiwo, Oro-oro Ombo, Sumberurip, serta Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang serta Kecamatan Candipuro pada Dusun Kamarkajang di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur.

Selain itu, ada desa-desa yang terdampak abu vulkanik, yaitu:

1. Kecamatan Ampelgading pada Desa Argoyuwono.
2. Kecamatan Tirtoyudo pada Desa Purwodadi dan Desa Gadungsari.
3. Kecamatan Pagelaran pada Desam Clumprit.
4. Kecamatan Wajak pada Desa Bambang.
5. Kecamatan Kepanjen pada Desa Panggungrejo dan Mojosari.
6. Kecamatan Dampit pada Kelurahan Dampit.
7. Kecamatan Bantur pada Desa Bantur dan Rejosari.
8. Kecamatan Turen pada Desa Talok.

Jembatan Gladak Perak yang hubungkan Lumajang-Malang putus akibat erupsi Gunung Semeru. Warga pun berdatangan untuk melihat langsung kondisi jembatan itu.Jembatan Gladak Perak yang hubungkan Lumajang-Malang putus akibat erupsi Gunung Semeru. Warga pun berdatangan untuk melihat langsung kondisi jembatan itu. (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)

4. Ribuan Warga Mengungsi

Warga terdampak erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Sore ini, tercatat ada 5.205 jiwa masyarakat yang terdampak.

"Untuk jumlah masyarakat terdampak artinya jumlah masyarakat yang terdampak, baik itu awan panas, guguran di 2 kecamatan, kemudian masyarakat terdampak debu vulkanik di 8 kecamatan itu, total 5.205 jiwa," kata Abdul.

Dari lima ribu lebih warga yang terdampak itu, 1.300 orang di antaranya telah mengungsi. "Dengan 1.300 orang di pengungsian ini juga bertambah dari rilis yang kita keluarkan tadi siang sejumlah 902. 1300 orang ini merupakan informasi juga langsung dari Kepala BNPB dari lokasi terdapat di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya