Kadishub Depok Klaim Warga Mulai Patuhi Ganjil Genap di Hari Kedua Uji Coba

Anggi Muliawati - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 16:07 WIB
Uji coba ganjil-genap mulai diberlakukan di Jalan Margonda Raya, Depok. Hari kedua penerapan gage, masih ada beberapa warga yang belum tahu aturan itu.
Ilustrasi, ganjil genap (Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Depok -

Uji coba ganjil-genap (gage) di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, memasuki hari kedua. Pengendara dinilai mulai mematuhi aturan ganjil-genap.

Dari pantauan detikcom pada Minggu (5/12/2021), lalu lintas di Jalan Raya Margonda ramai lancar. Kepala Dishub Kota Depok Eko Herwiyanto mengatakan pelaksanaan ganjil-genap di hari kedua lebih kondusif dibanding hari pertama.

"Kalau kita saksikan di hari ini dengan kemarin di jam yang sama, kalau saya melihat hari ini lebih kondusif ini dibandingkan dengan hari kemarin di titik ini ya," ujarnya.

Eko mengatakan di hari pertama memang sewajarnya jika banyak yang belum paham akan aturan ganjil genap. Namun, untuk hari ini, Eko menyebut pengendara sudah mulai memahami aturan tersebut.

"Hari pertama itu praktis banyak orang yang belum paham ada ganjil genap. Masih banyak mobil plat ganjil yang ke kiri (padahal harusnya lurus). Ini hari kedua yang ganjil sudah mulai di kanan," ujarnya.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan, dalam melalukan sosialisasi ganjil-genap, pihaknya sudah memasang spanduk dan baliho yang dari kejauhan bisa dilihat pengendara. Selain itu, ganjil-genap diumumkan di media sosial.

"Upaya yang kami lakukan yaitu memasang spanduk, baliho, lewat media sosial yang kami punya," ujarnya.

"Tentunya dengan kehadiran rekan-rekan media ini membantu upaya sosialisasi kami," sambungnya.

Simak Video 'Penampakan Macetnya Lalin saat Uji Coba Ganjil-Genap di Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)