ADVERTISEMENT

16 Tahun CT ARSA Foundation Berbagi dan Berkolaborasi untuk Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 09:42 WIB
Jakarta -

Tepat 16 tahun CT ARSA Foundation hadir untuk Indonesia, menyelenggarakan acara bertemakan '16 Tahun Berbagi dan Berkolaborasi' pada Minggu, 5 Desember 2021 di studio 1 Transmedia, Jl. Kapt. Tendean, Jakarta Selatan.

Hal ini sejalan dengan pesan yang terus disampaikan CT ARSA Foundation, dengan berkolaborasi, kita bisa terus bersama berbagi dan menebar manfaat hingga pelosok Indonesia. Acara ini dihadiri pendiri CT ARSA Foundation, Chairul Tanjung beserta Anita Ratnasari Tanjung sebagai ketua CT ARSA Foundation.

CT ARSA Foundation dalam mencapai visinya memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan berkualitas dan kesehatan yang optimal, memiliki beragam program yang rutin dilakukan dari Sabang hingga Merauke.

Perjalanan CT ARSA Foundation dimulai dari bencana tsunami Aceh 2004 lalu, membangun Rumah Anak Madani (RAM) sebagai rumah singgah untuk anak-anak korban tsunami di Deli Serdang, Sumatera Utara. Berkembang menjadi Sekolah Menengah Atas Unggulan CT ARSA Foundation di Deli Serdang dan Sukoharjo, Jawa Tengah, yang diperuntukkan bagi anak tidak mampu namun pintar.

CT ARSA Foundation juga peduli pendidikan hingga pelosok Indonesia dengan mendirikan sekolah dan mengirim relawan guru melalui program barunya, PIJAR. CT ARSA Foundation juga membina puluhan PAUD serta menebar ilmu pengetahuan melalui mobil literasi.

Sementara di bidang kesehatan, CT ARSA Foundation bergerak melalui pelayanan kesehatan gigi gratis, edukasi masyarakat, serta memberikan pertolongan medis melalui kegiatan ambulance rescue. Dalam berbagai aktivitas sosial, CT ARSA Foundation juga dibantu 18 komunitas ARSA di berbagai wilayah Indonesia.

Selain menyampaikan sejarah perjalanan CT ARSA Foundation dan berbagai aktivitas sosial yang dilakukan, dalam sambutannya, Anita Tanjung juga menanggapi isu climate change atau perubahan iklim yang menimbulkan banyak dampak negatif untuk kehidupan manusia.

Ia menyampaikan, penyebabnya antara lain aktivitas manusia yang tidak memperhatikan lingkungan yang menimbulkan pemanasan global, hingga kenaikan suhu permukaan bumi. Akibatnya muncul berbagai bencana alam seperti banjir, kemarau panjang, curah hujan tinggi hingga kebakaran hutan yang tak terkendali.

Menghadapi fakta tersebut, CT ARSA Foundation tetap hadir dengan upaya memberikan edukasi hingga pelosok Indonesia melalui kegiatan Gerakan Berbagi, literasi, Komunitas ARSA serta relawan PIJAR. Berbagai program edukatif terkait isu climate change terus dilakukan, seperti menekankan perilaku mencintai lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, serta mendaur ulang sampah.

Selain menampilkan kisah perjalanan dan perjuangan CT ARSA selama 16 tahun, acara yang juga dilaksanakan secara virtual ini turut menyajikan acara hiburan berupa tarian kolosal berbagai daerah, yang menjadi perwakilan lokasi para relawan CT ARSA Foundation tersebar.

16 Tahun Hadir untuk Negeri, CTARSA Foundation Luncurkan Platform Donasi berbuatbaik.id

Sebagai bentuk rasa syukur, tepat di peringatan hari jadinya ke-16, CTARSA Foundation meluncurkan platform donasi digital berbuatbaik.id. Peluncuran dilakukan oleh Chairul Tanjung sebagai pendiri CTARSA Foundation sekaligus pemilik CT Corp, di studio 1 Transmedia, di Jl. Kapt. Tendean, Jakarta Selatan. Acara tersebut juga dihadiri Anita Ratnasari Tanjung, selaku Ketua CTARSA Foundation beserta jajaran pengurus dan pimpinan di berbagai perusahaan.

Platform donasi berbuatbaik.id hadir sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat berdonasi melalui handphone. Platform ini didukung sarana penyaluran melalui Bank Mega, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, BCA, Credit Card juga Qris, yang membuat penyaluran donasi semakin praktis dan efisien.

"Berbeda dengan yang sudah ada, kami menjadi pelopor platform donasi digital yang 100 persen donasinya disalurkan tanpa potongan ataupun biaya operasional, " kata Anita Chairul Tanjung, Ketua yayasan CT ARSA Foundation Minggu, (5/12/2021).

"Selain bisa aktif berdonasi, masyarakat juga dapat bergabung menjadi relawan atau Sahabat Baik yang berperan memberikan inisiasi sekaligus sebagai garda terdepan mendampingi para penerima donasi. Para relawan akan bergerak di setiap daerah tempat mereka berada," ungkapnya.

Ayo bergerak bersama membantu masyarakat yang membutuhkan melalui www.berbuatbaik.id sekarang juga.

(imk/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT