Bangunan Pasar di Majene Sulbar Ambruk Tertimpa Pohon, 5 Mobil Ringsek

Abdy Febriady - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 22:48 WIB
Bangunan pasar di Majene Sulbar ambruk tertimpa pohon
Foto: Bangunan pasar di Majene Sulbar ambruk tertimpa pohon (dok.istimewa)
Majene -

Bangunan Pasar Salutumbang di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, ambruk ditimpa pohon tumbang. Akibatnya, lima unit mobil yang berada di bawah bangunan ringsek tertimpa reruntuhan.

Camat Ulumanda Muhammad Arif mengungkapkan, pohon yang menimpa bangunan pasar tumbang lantaran tak mampu menahan tiupan angin kencang, Sabtu pagi (04/12) sekira pukul 08:15 wita.

"Di daerah kami, tepatnya di Dusun Salutambung, Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda, telah terjadi bencana alam, yakni angin kencang mengakibatkan satu bangunan pasar rubuh rata dengan tanah,"kata Arif kepada wartawan, Sabtu sore (04/12/21).

Lanjut kata Arif, ambruknya bangunan pasar tersebut, mengakibatkan sedikitnya lima unit mobil pedagang yang berada di bawahnya, ringsek tertimpa reruntuhan bangunan.

"Saat ini kami sedang berupaya melakukan evakuasi mobil, karena di bawahnya (bangunan ambruk), terdapat lima jenis kendaraan roda empat, di mana diketahui pemiliknya adalah pedagang pasar," ungkapnya.

Arif menjelaskan, peristiwa ambruknya bangunan pasar bertepatan dengan hari pasar. Itu sebabnya, ada beberapa mobil pedagang yang berada di bawah bangunan pasar yang ambruk.

"Olehnya itu, para pedagang berdatangan untuk menjual barang dagangannya. Namun karena kejadian tersebut terjadi pada hari ini, tepatnya pukul 08:15 pagi, artinya para pedagang belum sempat mengeluarkan barang dagangannya dari kendaraan. Para pedagang sementara membersihkan los tempat menjual barang dagangannya," bebernya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Saat kejadian, seorang anak diketahui berada di dalam mobil yang tertimpa reruntuhan bangunan.

"Alhamdulillah pasca kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, meskipun pada saat kejadian, ada seorang anak yang berumur sekitar sepuluh tahun ada di dalam mobil,"pungkas Arif.

Akibat peristiwa ini, kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Warga dibantu petugas dari TNI-POLRI, bahu membahu mengevakuasi mobil yang tertimpa reruntuhan.

(maa/maa)