DPRD Sumut: Warga Minta Perbaiki Jalan ke Jokowi Tamparan Buat Bupati Karo

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 19:29 WIB
Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto (dok. Pribadi)
Foto: Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto (dok. Pribadi)
Medan -

Warga Karo mengirim jeruk satu truk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan harapan jalan di wilayahnya yang rusak bertahun-tahun segera diperbaiki. Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto menilai hal itu merupakan usaha warga agar aspirasi didengar.

"Ini bentuk suasana hati mereka yang belum bisa menikmati jalan bagus di desa-desa mereka, padahal mereka membayar pajak ke negara," kata Hendro kepada wartawan, Sabtu (4/12/2021).

Hendro menilai pengiriman jeruk ke Jokowi itu sebagai tamparan keras bagi Bupati Karo. Menurutnya, Bupati Karo harus lebih tanggap terhadap masalah yang dialami warga.

"Jeruk disimbolkan hasil pertanian, bahwa itulah cara rakyat mengetuk hati pada pemimpinnya untuk memperhatikan infrastruktur di tempat tinggal mereka. Harusnya ini menjadi 'tamparan' keras bagi bupati setempat. Karena setelah dicek aspirasi mereka, masuk dalam APBD Kabupaten Karo," ucap Hendro.

"Dalam memperbaiki jalan, pendekatannya bisa bervariasi, yakni dengan APBD Kabupaten Karo karena jalan tersebut masuk dalam jalan kabupaten. Kita berharap pesan dari masyarakat di sana bisa ditangkap oleh pemimpin kita baik di pusat, di provinsi dan kabupaten," sambungnya.

Sebelumnya, warga di Karo mengirimkan satu truk buah jeruk ke Jokowi. Pengiriman buah ini untuk meminta Jokowi memerintahkan anak buahnya turun tangan memperbaiki jalan di desa mereka.

"Kami mau ngantar oleh-oleh sama bapak Presiden kita Joko Widodo, kami dari Liang Melas Datas. Jadi itulah tujuan kami, mengantar oleh oleh atau buah jeruk," kata tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring, Jumat (3/12).

Setia berharap dengan dikirimnya jeruk ini, Presiden Jokowi dapat memperhatikan desa mereka. Ada 6 desa dan 3 dusun di Liang Melas Datas yang jalannya rusak.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak," ucapnya.

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting mengaku kecewa terhadap warganya yang mengirim buah jeruk ke Jokowi untuk meminta perbaikan jalan. Padahal, menurut Theo, Pemkab Karo sudah menganggarkan perbaikan jalan di tahun depan.

"Kita sudah jelaskan terkait perbaikan jalan ke Liang Melas, semua ada mekanisme. Sebagai wakil bupati, saya sedikit kecewa dengan keberangkatan ke Jakarta tanpa ada kordinasi dengan pemerintah daerah," kata Theo kepada wartawan, Jumat (3/12).

(dhm/haf)