Kondisi Lalin Margonda Depok Jelang Uji Coba Ganjil Genap Besok

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 20:12 WIB
Lalu lintas di Jl Margonda Raya, Jumat (3/12/2021) malam menjelang ganjil genap
Lalu lintas di Jl Margonda Raya, Jumat (3/12/2021) malam menjelang ganjil genap. (Hanafi/detikcom)
Depok -

Ganjil-genap di Jalan Margonda, Depok, diuji coba mulai Sabtu (4/12/2021) besok. Ganjil-genap di Jalan Margonda hanya berlaku pada saat weekend.

Pantauan detikcom, Jumat (3/12), pukul 18.30 WIB, volume kendaraan di Jl Margonda Raya dari arah Jakarta terbilang cukup tinggi. Hal ini menimbulkan kemacetan di sejumlah titik.

Misalnya, di Depan Margo City Mall, volume kendaraan yang tampak melintas cukup padat memenuhi 4 lajur jalan. Kemacetan diperparah lantaran banyak ojek online dan angkot yang mengetem di pinggir jalan

Sebaliknya, arus lalu lintas dari arah Depok ke Jakarta cukup lancar pada malam ini. Hal ini lantaran sebagian besar warga Depok bekerja di Jakarta, sehingga kemacetan pada malam hari lebih berat di jalur yang mengarah ke Depok.

Selanjutnya, di pertigaan simpang Juanda-Margonda terpantau ramai lancar. Pengendara yang berasal dari arah Jl Juanda menuju Citayem cenderung ramai lancar.

Terpantau beberapa titik kemacetan di Jl Margonda di sekitar D'mall Depok mengarah Citayem. Hal ini lantaran beberapa kendaraan yang ingin memutar balik mengambil arah ke Jakarta.


Lokasi dan Jam Ganjil Genap

Ganjil-genap di ruas Jalan Margonda Depok akan diuji coba pada Sabtu (4/12) dan Minggu (5/12). Ganjil-genap diberlakukan hanya 6 jam.

"Tanggal 4 dan 5 Desember mulai uji coba di lapangan untuk di Jalan Margonda," ujar Kasat Lantas Depok Kompol Jhoni Eka Putra saat dihubungi detikcom, Rabu (24/11).

Uji coba ganjil-genap dilaksanakan saat weekend saja, Sabu (4/12) dan Minggu (5/12). Pelaksanaan ganjil-genap dimulai pada pukul 12.00-18.00 WIB.

"Dilaksanakannya pukul 12.00-18.00 WIB, mengingat jam-jam tersebut jam sibuk dan macet karena di Jalan Margonda ini setiap weekend macetnya," jelas Jhoni.

Ganjil genap diberlakukan di sepanjang Jalan Margonda Raya mulai di kolong flyover UI sampai Simpang Ramanda. Ganjil-genap berlaku hanya bagi kendaraan roda 4.

"Untuk motor, kendaraan umum, ambulans, dan kendaraan darurat lainnya boleh melintas," imbuhnya.

(mea/mea)