Barcelona-Madrid Batal Tanding di JIS Bulan Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 19:44 WIB
Foto udara pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (23/11/2021). Progres pembangunan stadion berkapasitas 82.000 penonton yang digarap oleh PT Jakarta Propertindo itu telah mencapai 84,66 persen per 18 November 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Jakarta International Stadium (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Tim muda klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid U18, Atletico Madrid U18 dan Barcelona U18 batal berlaga di Jakarta International Stadium (JIS) pada Desember ini. Pembatalan tersebut dilakukan demi mewaspadai masuknya varian baru virus COVID-19 jenis Omicron masuk ke RI.

Tiga klub asal Spanyol itu mulanya dijadwalkan berlaga dalam International Youth Championship (IYC) di Bali dan Jakarta pada 4-11 Desember 2021. Namun kini, pemerintah RI memberlakukan pembatasan masuknya orang asing ke luar negeri demi mencegah varian Omicron.

"Terkait pelaksanaan IYC 2021 yang sedianya diselenggarakan pada tanggal 4-11 Desember 2021 di Bali dan di Jakarta sesuai dengan arah kebijakan pemerintah RI telah diputuskan bahwa seluruh kegiatan olahraga dan kegiatan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan sementara ini," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi virtual, Jumat (3/12/2021).

Anies mengatakan pihaknya akan mendukung langkah pemerintah pusat dalam membatasi kegiatan yang mengundang kerumunan sehingga berpotensi menularkan COVID-19. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan turnamen sepakbola hingga soft launching JIS akan ditangguhkan sampai situasi terkendali.

"Termasuk di dalamnya adalah penangguhan soft launching JIS sampai dengan situasi pandemi dan penyebaran virus varian Omicron telah lebih terkendali dan lebih dapat diprediksi," jelasnya.

Terakhir, Anies berterima kasih atas kerja keras seluruh pihak yang telah berupaya menyukseskan acara ini.

"Walaupun pada akhirnya kegiatan ini harus ditunda, namun pada semua bahwa sampai dengan menit-menit terakhir keputusan itu diambil ada begitu banyak pihak yang telah bekerja keras telah keluarkan semua sumber dayanya energi untuk siapkan acara ini," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga klub dunia bersama Indonesia All Star U20 direncanakan bertanding dalam turnamen sepakbola internasional atau International Youth Championship pada Desember mendatang.

Pertandingan babak penyisihan dijadwalkan pada 4-8 Desember 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta di Provinsi Bali. Kemudian, pertandingan final pada 11 Desember 2021 di Jakarta International Stadion (JIS).

"Peserta tahun ini berdasarkan popularitas dan kemudahan dalam rangka administratif kita telah menerima 3 klub besar, yakni Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona. Untuk Indonesia tetap, Indonesia All Star," kata Chairman Pancoran Soccer Field Gede Widiade dalam Konferensi Pers virtual, Kamis (18/11).

Kompetisi ini sekaligus menjadi soft launching Jakarta International Stadium (JIS). Stadion anyar di Jakarta itu akan menggelar laga perebutan tempat ketiga dan final pada 11 Desember.

Lihat juga Video: Laga Bayern Vs Barcelona Tanpa Penonton Imbas Lonjakan Corona

[Gambas:Video 20detik]



(taa/isa)