detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: PAM Jaya Tawarkan Kredit, Warga Rusunami Ini Keberatan

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 14:35 WIB
Warga Rusunami City Garden demo di Balai Kota DKI Jakarta
Foto demonstrasi warga Rusunami City Garden di depan Balai Kota DKI, Kantor Gubernur Anies Baswedan, 26 November 2021. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Jakarta -

Warga Rusunami City Garden yang mendemo Gubernur Jakarta Anies Baswedan berharap solusi atas masalah air bersih di tempat tinggal mereka. PAM Jaya menawarkan solusi pemasangan pipa Rp 900 juta dengan skema kredit dan cicil. Pihak warga tidak mau.

Rusunami City Garden ada di Cengkareng, Jakarta Barat. Suherman sebagai salah satu koordinator P3CG (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rusunami City Garden), menyatakan keberatan dengan adanya wacana tersebut.

Ditambah menurutnya, gaji ataupun pendapatan warga di Rusunami City Garden dalam sebulan mencapai Rp 10 juta ke bawah hingga ke batas Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta.

"Sebagaimana yang kami tahu, RAB pemasangan Palyja yang sebelumnya diberikan kepada warga itu sebesar Rp 900-an juta. Dan seharusnya ini menjadi tanggung jawab developer karena dari awal rusunami ini dijual, yang ditawarkan dalam paket penjualan adalah air PDAM," kata Suherman saat dihubungi, Jumat (3/11/2021).

Dia pun merasa bingung dengan pihak pengelola yang setelah 12 tahun lamanya tidak pernah menghadirkan air minum ke unit-unit yang dijual pengelola, melainkan air WTP (water treatment plant).

"Sehingga dengan adanya biaya pemasangan yang dibebankan ke warga, maka sebenarnya warga keberatan," jelasnya.

Dirinya pun mengaku belum medapatkan sosialisasi terkait wacana pihak PAM Jaya ataupun pengelola yang bertanggung jawab dengan permasalahan air bersih di Rusunami City Garden.

"Walaupun dalam berita disebutkan PDAM (PAM Jaya) menyiapkan solusi skema kredit, tapi pada kenyataanya warga hingga saat ini belum menerima informasi/sosialisasi resmi maupun bertemu langsung dengan perwakilan warga untuk membahas opsi opsi tersebut," ujarnya.

Dia pun berharap agar pihak pengelola segera dapat mempertemukan warga Rusunami City Garden dengan pihak PAM Jaya.

"Intinya warga sangat terbuka dengan diskusi maupun negosiasi dengan pihak PAM Palyja. Tapi belum mempunyai kesempatan meeting langsung dengan Pihak PAM Palyja," terangnya.

Sebelumnya, PAM Jaya menyebut akan mempersiapkan skema kredit atau cicil bagi warga Rusunami City Garden untuk pemasangan pipa air senilai Rp 900 juta. Disebutkan, PAM Jaya harus membuat desain hingga pemasangan jaringan baru pipa menuju Rusunami City Garden, sehingga perlu pembiayaan.

"Kemudian, ada berapa sih, 600 warga (unit) kira-kira. Kalau kita hitung-hitung, mungkin (per pelanggan) 1,5-2 juta," ucap Dirut PAM Jaya, Bambang Hernowo, Selasa (30/11) kemarin.

Jika warga merasa keberatan atas hal itu, PAM Jaya akan menerapkan skema kredit, sehingga lebih meringankan.

"Ada skema cicilan segala yang bisa dilakukan," katanya.

(dnu/dnu)