TransJ Tabrak Separator Busway di Sudirman, Beton sampai Pecah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 13:47 WIB
Transjakarta senggol separator busway di Jl Sudirman, Jumat (3/12/2021)
TransJakarta menabrak separator busway di Sudirman. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Bus TransJakarta menabrak separator busway di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Ratu Plaza. Beton separator sampai pecah akibat kejadian tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (3/12/2021) pukul 13.08 WIB, petugas masih mengevakuasi bus TransJakarta. Sebagian roda depan bus TransJ naik ke beton pembatas.

Puing beton separator yang pecah terlihat berserakan. Sebagian beton posisinya bergeser akibat tertabrak TransJ.

Transjakarta tabrak separator busway d Sudirman, Jumat (3/12/2021)Beton separator pecah akibat ditabrak TransJakarta. (Yogi Ernes/detikcom)

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.50 WIB tadi. Bagian depan bus TransJ bernomor polisi B-7277-TGC terlihat rusak.

Sementara itu, bagian kiri bus TransJakarta itu menghantam separator busway. Ban depan bus itu hancur menghantam separator.

Saat ini bus TransJakarta tersebut masih berada di lokasi. Petugas masih melakukan evakuasi kendaraan itu.

Lalu lintas di lokasi pun masih terpantau lancar. Petugas masih berjaga di lokasi mengatur lalu lintas.

TransJ Tabrak Pos Lantas PGC

Sebelumnya, Kamis (2/12) kemarin, bus TransJakarta menabrak Pos Lantas PGC Cililitan, Jaktim. Akibat kejadian ini, Pos Lantas hancur.

Kecelakaan diduga akibat pengemudi TransJ hilang kendali. Kejadian ini mengakibatkan seorang petugas TransJ yang ada di Pos Lantas terluka.

"Sopirnya laki-laki, hilang kendali. Masih dalam penyelidikan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui di Jl MH Thamrin, Jakpus, Kamis (2/12).

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Timur AKBP Eddy Surasa mengatakan kecelakaan diduga dipicu dongkrak yang menggelinding dari bawah jok. Dongkrak tersebut kemudian 'menginjak' pedal gas, sehingga membuat sopir hilang kendali.

"Dugaan awalnya karena dongkrak berat yang bisa membawa beban 15 ton ditaruh (di) jok driver tahu-tahu menggelinding ke pedal gas. Sehingga driver tidak bisa menguasai. Karena langsung menabrak Pospol kita," ujar AKBP Eddy Surasa kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (2/12).

(mei/hri)