Kala Jenderal Dudung Turun Langsung Pantau Antisipasi Reuni 212

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 05:42 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman tinjau aksi Reuni 212
Foto: Karin/detikcom
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman langsung turun ke lokasi memantau pengamanan Reuni 212. Dia ingin memastikan anggotanya siap mengantisipasi Reuni 212 yang dinyatakan tak berizin.

Dudung tiba di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12/2021) pukul 09.00 WIB. KSAD ditemani oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

Dudung menjelaskan kedatangannya ke Tenda Putih. Selain untuk memantau situasi massa aksi Reuni 212, Dudung meninjau langsung kesiapan prajurit TNI dan kepolisian yang mengamankan aksi.

"Pada pagi hari ini sengaja saya melihat kondisi pasukan khusus TNI Angkatan Darat, karena saya melihat kesiapannya di dalam mengantisipasi Reuni 212," kata Dudung kepada wartawan di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat.

Dia menyebut prajurit TNI dan kepolisian telah siap tugas operasional dari Mabes TNI.

"Kita hanya lihat kondisi prajurit di lapangan bagaimana kesiapan dan sebagainya untuk mendukung tugas Operasional dari mabes TNI," ujarnya.
Dudung berharap tak ada aksi Reuni 212 di kawasan Patung Kuda dan Monas karena kegiatan itu tidak mengantongi izin.

"Kami berharap bahwa saudara-saudara kita juga tidak melakukan aksi karena izinnya juga tidak ada," kata Dudung kepada wartawan di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

"Marilah kita bangun-bangsa ini dengan sebaik-baiknya dan mari kita jaga persatuan dan kesatuan," sambungnya.

Untuk menghalau aksi Reuni 212 Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik guna mengantisipasi kerumunan Reuni 212. Di titik-titik tersebut, anggota POLRI dan TNI berjaga untuk menghalau massa Reuni 212.

Titik penutupan jalan menuju Monas dan Patung Kuda tersebut adalah Jalan MH Thamrin, Jalan Agus Salim, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan H Juanda, Jalan Veteran II, Jalan Veteran III, Jalan Veteran I, Jalan Majapahit, Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan.

Simak video 'Polisi Tegaskan Tak Ada Massa Reuni 212 yang Ditahan dan Dipidana':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)