Detik-detik Remaja di Asahan Buang Bayi ke Sungai Pakai Karung Goni

Perdana Ramadhan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 01:01 WIB
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Asahan -

FA (18) ditetapkan sebagai tersangka karena membunuh bayi laki-laki yang baru dilahirkannya, dan membuang jasad sang anak ke sungai dengan karung goni. Detik-detik warga Asahan, Sumatera Utara (Sumut) ini membunuh dan membuang bayinya terungkap usai polisi menggelar rekonstruksi.

Dua teman FA berinisial Y dan A dihadirkan sebagai saksi dalam rekonstruksi di Polres Asahan, Kamis (2/12/2021). Ada 16 adegan yang diperagakan langsung oleh FA.

"Adegan pertama mulai hari Sabtu (13/11) malam, pukul 19.00 WIB, saat tersangka melahirkan," jelas Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira melalui Kasubag Humas Polres Asahan, Ipda Charles Sianipar.

FA menyimpan bayinya di bawah tempat tidur hingga pagi hari. Bayi itu lalu dibungkus dan dimasukkan ke dalam karung goni dan kemudian disimpan di bagasi sepeda motor.

FA yang kalut lantas menghubungi temannya, Y dan A untuk datang ke rumahnya. FA beralasan sedang sakit.

"Hari Minggu (14/11) siang, tiga orang teman tersangka datang. Di sini lah tersangka meminta tolong kepada dua orang temannya untuk membuang bayi yang sudah disimpannya di bagasi sepeda motor," kata Charles.

Kepada polisi, kedua rekan FA mengaku tak menaruh curiga. Lantaran, lanjut Charles, FA mengaku kepada Y dan A bahwa isi karung goni tersebut adalah bangkai bayi entok.

"Alasannya itu bayi entok," ucap Charles.

Karung goni berisi mayat bayi laki-laki itu kemudian dibuang ke sungai oleh Y dan A.

Kasus ini terungkap ketika warga desa dihebohkan dengan temuan jasad bayi di kampung. Y dan A yang melihat pemberitaan di sosial media soal penemuan karung goni berisi jasad bayi laki-laki mulai menyadari karung goni tersebut adalah yang mereka buang.

F dan A lalu menceritakan hal ini ke orang tua mereka. Cerita F dan A sampai ke kepala desa.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.