Tekan Kemiskinan, Pemprov Sumsel Luncurkan Gerakan Mandiri Pangan

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 20:50 WIB
Sumsel Mandiri Pangan
Foto: Pemprov Sumsel

Diketahui, gerakan yang bertujuan positif bagi ketahanan pangan di Sumsel ini turut menuai dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Bupati Kabupaten Lahat, Cik Ujang yang menyambut baik program gerakan SMP ini. Ia pun mengatakan pihaknya akan sangat mendukung gerakan SMP.

"Kami masyarakat Kabupaten Lahat mengucapkan terima kasih dipilihnya sebagai tempat pelaksana launching Gerakan SMP," ujar Cik Ujang.

"Program ini luar biasa, Pak Gubernur mengajak kita untuk menanam di sekitar rumah. Paling tidak kita tidak membeli. Kita juga siap menjalankan gerakan SMP untuk setiap Desa di pekarangan rumah," imbuhnya.

Sementara itu, laporan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ekowati Retnaningsih menyebutkan gerakan SMP adalah ide cemerlang dari Gubernur Herman Deru dalam mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua. Terutama dalam penyetaraan pembangunan dan upaya menyejahterakan masyarakat secara berkeadilan, berbasis kebutuhan masyarakat.

Eko menilai gerakan ini menjadi solusi keperihatinan terhadap masyarakat yang sudah terpolah untuk menjadi konsumen dalam memenuhi kebutuhan pangan di dalam kehidupan sehari-hari.

"Gerakan SMP ini akan mengubah mindset kita dari konsumen menjadi produsen," katanya.

Menurutnya, program gerakan SMP juga menjadi loncatan dalam memandirikan masyarakat untuk memenuhi sebagai kebutuhan pangannya.

"Melalui gerakan Sumsel Mandiri Pangan agar kita konsumsi pangan di pekarangan di rumah masing-masing dan gerakan ini harus diikuti oleh seluruh masyarakat. Bahkan dari gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini dapat berdampak pada penurunan kemiskinan," ujarnya.

Eko menyebutkan ada 240 desa yang bergabung dalam gerakan Sumsel Mandiri Pangan di tahun 2021 dengan rincian satu desa per kecamatan. Ia menilai angkanya akan semakin meningkat secara berkelanjutan.

"Pada tahun 2022 target kita 50 persen jumlah desa di kecamatan di tahun 2023 target kita 70 persen 2024 sebesar 90 persen dan 2025 diharapkan 100 sudah mencapai persen," ungkap Eko.

Sebagai informasi, dalam kegiatan Grand Launching ini Gubernur Herman Deru turut menyerahkan bantuan benih padi, padi ramah lingkungan, dan bantuan program IPDMIP. Selain itu, Bupati Lahat Cik Ujang memberikan bantuan 400 ekor sapi, gerobak dorong 115 unit, dan bantuan mesin jahit karung 5 unit.

Ada juga CSR Bank Sumsel Babel yang menyerahkan paket budi daya tanaman sebanyak 2.500 unit, budi daya ikan sebanyak 85.000 bibit, dan unggas sebanyak 3.500 ekor untuk 17 Kabupaten/Kota di Sumsel.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lahat Haryanto, Ketua TP. PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Herman Deru, Ketua Kormi Sumsel, Samantha Tivani HD, FKPD/mewakili, Sekda Lahat, Chandra, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Nurcahyo Heru Prasetyo, Direktur Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin serta para Kepala OPD Provinsi Sumsel. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Kabupaten/Kota se-Sumsel secara virtual.


(ncm/ega)