Kisah Inspiratif Erna Rasyid, Istri Walkot Parepare yang Juga Pendakwah

Dea Duta Aulia - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 20:41 WIB
Erna Rasyid
Foto: Dok. Pemkot Parepare
Jakarta -

Selain call center kesehatan, angga 112 juga memiliki makna yang mendalam bagi istri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yakni Erna Rasyid Taufan yang lahir pada 1 Desember 1966 lalu. Di usianya yang kini sudah 55 tahun, Erna Rasyid Taufan menghadirkan banyak kisah inspirasi bagi semua perempuan khususnya bagi masyarakat Kota Parepare.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (1/12/2021), Plt Kepala Dinas Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka membagikan kisah tentang perjalanan hidup Erna Rasyid Taufan. Lahir dari keluarga TNI, menjadikan sosok Erna mempunyai basic kepemimpinan yang pantas diteladani, memimpin dengan perspektif Islam.

Anak pertama dari 12 bersaudara, dari pasangan Haruna Rasyid dan Ratna Ewang ini juga disebut sebagai tulang punggung keluarga. Wajar saja, jika bakat memimpin sebelas adiknya ditularkan pula dalam organisasi yang dipimpinnya.

Mengikuti irama kepemimpinan suaminya, lanjut Amarun, Erna mampu membangkitkan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong perekonomian perempuan di kota Parepare. Tak hanya sampai di situ, organisasi lain yang dipimpinnya pun kini 'bersayap' dan berhasil menjadi catatan sejarah baru di kota kelahiran Presiden ketiga RI.

Sebut saja Majelis Anak Shaleh, sebagai Pembina dalam organisasi tersebut, Erna Rasyid Taufan telah berhasil membentuk organisasi tersebut di semua sekolah, khususnya pada jenjang SD dan SMP yang ada di Kota Parepare. Melalui organisasi tersebut, karakter peserta didik ditanamkan dengan kegiatan positif seperti membaca Al-qur'an selama 15 menit di jam pertama pelajaran.

Selain itu, ia turut menggerakkan organisasi lainnya seperti membina Forum Kajian Cinta Al-qur'an, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Bunda Paud, Ketua Forum Muslimah One-one, dan kini terpilih sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Parepare, dan lainnya.

Meskipun begitu, tugasnya sebagai istri dan ibu rumah tangga juga tidak dilupakan. Meski sering jauh dari anak-anaknya, ia tak pernah lupa untuk memantau kondisi ketiga buah hatinya, baik via telepon, sms, video call, atau melalui media sosial lainnya.

Istri Wali Kota Parepare ini pun punya potensi yang unik, meski tak berlatar pendidikan sebagai seorang pendakwah atau dilahirkan dari keluarga ulama, namun berkat kemauan dan hobinya memberikan pertolongan kepada orang lain, menuntunnya menggapai potensi yang terpendam dalam kepribadiannya sebagai seorang ustazah.

Menyiarkan syariat Islam bukan hanya melalui tuturan lisan semata, tetapi juga melalui tingkah laku, salah satunya dengan busana. Ia kerap menulis dengan tujuan menyebarluaskan Islam melalui tulisan yang menarik dan mudah dicerna.

Salah satu buku yang ditulisnya dengan judul Al-qur'an dan Rahasia Umur 40 Tahun mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Baik dari remaja, dewasa, maupun orangtua. Kemampuannya berdakwah bukan hanya lintas lokal, dan daerah, namun hingga mancanegara, seperti di Thailand, Singapura, Kuala Lumpur, dan negara-negara lainnya.

Terakhir, menurut Amarun, Erna Rasyid Taufan merupakan sosok yang banyak memberikan inspirasi bagi banyak perempuan.

"Dengan kesibukan beliau sebagai Istri Wali Kota, dan beberapa organisasi yang dipercayakan kepada beliau, namun selama kami mendampingi, beliau mampu membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan menjadi istri wali kota, apalagi juga sebagai pendakwah. Ini tentu ada jurus-jurus jitu dari beliau sehingga bisa jadi inspirasi bagi semua perempuan," pungkas Amarun.

(akn/ega)