detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: RT Minta Gundukan Galian Sumur Resapan Cepat Diangkut

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:35 WIB
Gundukan tanah galian sumur resapan di Jl Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 2 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Gundukan tanah galian sumur resapan di Jl Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 2 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Gundukan tanah sisa galian sumur resapan yang menumpuk di permukiman Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ini belum juga diangkut. Ketua rukun tetangga (RT) setempat meminta gundukan tanah ini segera diangkut oleh pihak penggarap sumur resapan.

Lokasi masalah ini ada di Jl Sirsak, RT 12 RW 10, Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Gundukan tanah menutupi jalan akses warga sekitar.

Ketua RT setempat, Suriyosa, mengatakan pihaknya sebenarnya telah lama mengajukan perbaikan sumur resapan di daerahnya.

"Sebenarnya ini perbaikan galian sumur resapan sudah kita ajukan ke Pemprov untuk tahun depan, akan tetapi ternyata dimajukan di tahun ini," katanya saat ditemui detikcom di lokasi, Kamis (2/12/2021).

Pihaknya pun menerangkan bahwa wilayahnya sering terkena banjir ketika hujan datang lantaran buruknya drainase.

"Sebenarnya komplain warga juga yang minta ini dikerjakan. Secara logika kan setiap pekerjaan itu ada dampaknya, jadi jangan apa-apa mengeluh," terangnya.

Gundukan tanah galian sumur resapan di Jl Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 2 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Gundukan tanah galian sumur resapan di Jl Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 2 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Pihaknya pun telah meminta pihak SDA Jakarta Selatan segera mengangkut tumpukan tanah merah yang menutupi perumahan warga sekitar.

"Harapan saya dan warga tentunya karena ini sudah menutupi jalan, kita minta segera dibereskanlah," tegasnya.

Masalah ini sudah ada sejak lima hari terakhir. Pihak Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan sudah sejak Rabu (1/12) kemarin menyatakan bakal membereskan keluhan warga di sini. Pengangkutan tanah sisa galian sumur resapan masih ditunggu warga hingga sore ini.

(dnu/dnu)