Harta Ghufron Melonjak Sejak Jadi Pimpinan KPK, Eks Jubir Beri Sentilan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:06 WIB
Nurul Ghufron
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (Farih/detikcom)

Sorotan Febri

Febri Diansyah mempertanyakan kenaikan kekayaan Ghufron dalam data LHKPN ini. Febri meminta Ghufron menjelaskan soal kenaikan kekayaan ini.

"Pak @Nurul_Ghufron apakah data ini benar dan bisa dijelaskan? Sebagai bagian dari Pencegahan Korupsi, ada baiknya Pimpinan KPK jadi contoh keterbukaan tentang asal-usul kekayaan berasal dari penghasilan sah," kata Febri lewat akun Twitternya, @febridiansyah, Kamis (2/12/2021).

Febri Diansyah menduga kekayaan Ghufron itu didapat bukan dari gaji di KPK. Dia membandingkan kekayaan Gufron saat masih menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember.

"Jika dilihat data e-lhkpn KPK yang bersifat terbuka ini, saat jadi Dekan, kekayaan @Nurul_Ghufron total Rp 6,7 m. Sampai saat ini sejak jadi Dekan dan selama jadi Pimpinan KPK, total kenaikan Rp 6,7 miliar. Dugaan saya, penambahan itu bukan hanya karena gaji di KPK. Tapi bisa faktor lain.." lanjut Febri.

Febri mengatakan naiknya kekayaan Nurul Ghufron bisa disebabkan naiknya nilai pasar. Namun, ia meminta Ghufron menjelaskan hal ini.

"Faktor apa? Setahu saya, kenaikan kekayaan bisa terjadi karena naiknya nilai pasar aset atau penambahan aset. Hal itu tentu bisa dijelaskan dengan mudah. Ya bisa juga sekaligus sebagai contoh prinsip transparansi pejabat publik. Bagian dari Pencegahan Korupsi. Silakan pak @Nurul_Ghufron," tuturnya.


(rdp/dhn)