Slamet Maarif Klaim Reuni 212 Dihadiri Sampai 10 Ribu Orang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:45 WIB
Panitia Reuni 212 Bacakan Pesan HRS, Massa Penuhi Jl Wahid Hasyim
Foto: Dias/detikcom
Jakarta -

Ketum Dewan Tanfidzi Nasional (DTN) Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Maarif menyebut kegiatan Reuni 212 di kawasan Patung Kuda berjalan sukses dan damai. Dia menyebut perkiraan ada 10 ribu massa yang hadir.

"Alhamdulillah akhirnya bisa berjalan dua-duanya, aksi superdamai tadi berjalan, 5 sampai 10 ribu kalau prediksi saya yang kumpul bersama kita, Habib Muhammad yang long march dari Tanah Abang. Belum di berbagai titik yang nggak bisa masuk kawasan Patung Kuda, itu laporannya luar biasa banyak juga, artinya tetap reuni tahun ini berjalan dengan sukses, tertib dan damai, lancar, dan dialog bisa kita laksanakan hari ini," ujar Slamet yang disiarkan secara langsung di YouTube, Kamis (2/12/2021).

Slamet mengatakan, selain agenda Reuni 212 di Patung Kuda, panitia mengadakan agenda dialog bersama 100 tokoh. Acara itu berlangsung di Aula Masjid Nurul Islam, Rawabogo.

Dia kemudian menceritakan soal kendala mendapat izin Reuni 212. Slamet mengatakan sudah sempat mengadakan rapat yang difasilitasi oleh Pemprov DKI.

"Sehingga di kawasan patung kuda kita mengajukan permohonan izin keramaian dan tutup jalan supaya bikin panggung besar di kawasan patung kuda sehingga acara bisa tetap tertib dan teratur, tapi dari pihak kepolisian dengan argumentasi tidak bisa mengeluarkan izin tanpa rekomendasi dari Satgas Gugus COVID, Pemda DKI, ketika kita rapat bersama yang dijembatani Pemda DKI, semua unsur ada, Damkar, Dinkes, Satpol PP, Polda Metro Jaya, komplet," katanya.

Namun hasil rapat itu tak sesuai harapan panitia Reuni 212. Polisi tetap tak memberi izin keramaian di kawasan Patung Kuda.

Hingga akhirnya alternatif lokasi yang dipilih adalah Masjid Az-Zikra di Sentul, Bogor. Namun akhirnya juga ditolak.

"Kemudian Rabu itu kita terima Rabu pagi kemarin pagi kita terima akhirnya Rabu pagi kita cari alternatif tempat, ada kurang-lebih 5 sampai 7 tempat, yang kita datangi di Bogor itu untuk bisa dipakai, semuanya nolak," ujarnya.

Simak Video: Reuni 212 di Az Zikra Batal Digelar, Pedagang Kecewa

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)