Kawasan Patung Kuda dan Monas Sudah Dibuka Lagi Sore Ini, Lalin Lancar

Adhyasta Dirgantara, Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:30 WIB
Arus Lalu Lintas di Patung Kuda ke Istana Sudah Dibuka Kembali
Lalu lintas dari Jl MH Thamrin ke Jl Medan Merdeka Barat sudah dibuka kembali (M Hanafi Aryan/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah menyingkirkan kawat berduri yang membarikade akses menuju Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus). Kendaraan mobil dan motor sudah bisa melintas kembali ke Patung Kuda dan Monas serta sebaliknya.

"Sudah, sudah boleh melintas," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui di Jl MH Thamrin, Jakpus, Kamis (2/12/2021).

Sambodo menjelaskan sudah berkeliling di sekitar Patung Kuda, Monas, dan sekitarnya untuk memastikan tidak ada lagi massa Reuni 212. Dia mengklaim situasi sudah aman.

Arus Lalu Lintas di Patung Kuda ke Istana Sudah Dibuka KembaliLalu Lintas dari Harmoni ke Jl Medan Merdeka Barat sudah dibuka kembali (M Hanafi Aryan/detikcom)

"Tadi saya sudah keliling muter, sudah kondusif sudah aman, massa sepertinya sudah membubarkan diri, sudah tidak ada," ucapnya.

"Sehingga kemudian kita putuskan arus lalu lintas akan kita normalkan kembali," sambung Sambodo.

Meski demikian, kata Sambodo, tetap ada anggota kepolisian yang berjaga di sekitar Patung Kuda dan Monas apabila massa Reuni 212 datang lagi.

"Kan ada anggota. Tetap ada yang berjaga walaupun arus lalu lintas kita normal kan," imbuhnya.

Harmoni ke Istana Dibuka

Lalu lintas dari perempatan Harmoni juga terpantau sudah dibuka. Kendaraan mulai mengalir di Jl Medan Merdeka Barat dari arah Harmoni ke Jl MH Thamrin.

Sebaliknya, lalu lintas dari Patung Kuda ke Jl Medan Merdeka Barat menuju Istana juga sudah dibuka. Arus lalu lintas di lokasi lancar.

Diketahui, massa Reuni 212 sudah dibubarkan polisi di kawasan Jakpus. Kawat berduri yang menutup akses ke Patung Kuda di sejumlah titik pun telah disingkirkan.

(mea/mea)