PKB Kritik Keras Panitia Nekat Gelar Reuni 212: Hindari Pembangkangan!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 12:03 WIB
Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid (Foto: dok. MPR)

Luqman Hakim mendukung agar aparat kepolisian menindak tegas massa 212 yang memaksakan melakukan aksi tersebut. Dia menekankan kewajiban negara adalah melindungi keselamatan warga.

"Sudah benar apa yang dilakukan aparat dengan tidak memberi izin dan menindak tegas kegiatan yang memaksakan kehendak itu. Kewajiban negara melindungi keselamatan warganya dari setiap upaya yang mengancamnya," imbuhnya

Untuk diketahui, pihak PA 212 tetap nekat menggelar Reuni 212 meski dilarang Satgas COVID-19 dan tidak mendapat izin dari Polda Metro Jaya karena masih dalam masa pandemi COVID-19. Mereka mulai berdatangan sejak pagi tadi.

Kawasan Patung Kuda dan Monas sudah disterilkan oleh aparat dan tidak boleh digunakan untuk aksi massa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan sebelumnya sudah bicara terkait alasan pihaknya tidak mengeluarkan izin Reuni 212. Selain karena dilarang Satgas COVID-19, ini juga demi kebaikan bersama.

Menurut Zulpan, tidak keluarnya izin Reuni 212 bukan untuk mengekang kebebasan berpendapat masyarakat di muka umum. Faktor kepentingan kesehatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 menjadi acuan pihaknya saat tidak mengeluarkan izin kegiatan tersebut.


(maa/zak)