Dibubarkan Polisi, Massa Reuni 212 di Wahid Hasyim Bergerak ke Tanah Abang

M Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 10:37 WIB
Massa Reuni 212 tutup Jl Wahid Hasyim, Kamis (2/12/2021).
Massa Reuni 212 menutup Jl Wahid Hasyim (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Massa Reuni 212 sempat bertahan di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, setelah diputar balik polisi di simpang Sarinah. Massa menutup Jalan Wahid Hasyim hingga membuat kemacetan.

Massa kemudian berorasi di tengah-tengah jalan. Mobil Komando aksi massa tampak berhenti di depan KC Bank DKI JL Wahid Hasyim.

Pantauan detikcom, Kamis (2/12/2021), pukul 09.45 WIB, lalu lintas di Jl Wahid Hasyim terhenti. Beberapa kendaraan dari arah Sarinah yang hendak menuju Tanah Abang melalui Jl Wahid Hasyim terhambat massa aksi.

Arah sebaliknya, dari arah Tanah Abang menuju Sarinah terpantau lancar dikarenakan volume kendaraan yang sedikit. Namun tampak beberapa kendaraan yang hendak menuju arah Sarinah dipandu warga untuk memutar balik.

Hal serupa juga terjadi di beberapa gang yang ada di Jl Wahid Hasyim. Beberapa warga tampak berjaga dan mengarahkan warga untuk menghindar dari kerumunan massa.

Pukul 10.15 WIB, sejumlah polisi dan TNI kemudian mendorong massa ke arah Tanah Abang. Petugas melalui pengeras suara memerintahkan massa bubar.

"Sekali lagi disampaikan kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu, untuk segera meninggalkan lokasi menuju ke rumah masing-masing," teriak seorang petugas.

Tidak ada perlawanan dari massa. Massa kemudian berjalan pelan ke arah Tanah Abang.

"Mobil komando, silakan jalan. Mohon tema-teman jalan," ujar petugas lagi.

Di pertigaan jalan, massa kemudian terpecah. Sebagian ada yang ke kiri ke Jl Pejompongan dan sebagian ke kanan ke Cideng.

Kendaraan dari arah Pejompongan ke Cideng tersendat. Hingga berita ini dimuat, mobil komando massa sudah berada di pertigaan jalan.

Untuk diketahui, polisi tidak memberi izin Reuni 212. Kawasan Monas dan Patung Kuda pun disterilkan sejak dini hari tadi.

Simak video 'Polisi Tak Larang Massa Reuni 212 Berkumpul di Kebon Sirih':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)