KSAD Jenderal Dudung Pantau Aksi Reuni 212 di Jakarta

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 09:46 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman tinjau aksi Reuni 212
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman meninjau aksi Reuni 212. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memantau lokasi aksi Reuni 212 di Jakarta. Dudung meninjau langsung kesiapan pasukan TNI Angkatan Darat dalam mengantisipasi Reuni 212.

Pantauan detikcom, Kamis (2/12/2021), pukul 09.00 WIB, KSAD Dudung tiba di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat. Selain Dudung, turut hadir Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

Dudung menjelaskan kedatangannya ke Tenda Putih. Selain untuk memantau situasi massa aksi Reuni 212, Dudung meninjau langsung kesiapan prajurit TNI dan kepolisian yang mengamankan aksi.

"Pada pagi hari ini sengaja saya melihat kondisi pasukan khusus TNI Angkatan Darat, karena saya melihat kesiapannya di dalam mengantisipasi Reuni 212," kata Dudung kepada wartawan di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat.

Dudung menyebutkan dia meninjau anggotanya di lapangan yang tengah bertugas dalam menjaga keamanan aksi Reuni 212. Dia menyebut prajurit TNI dan kepolisian telah siap tugas operasional dari Mabes TNI.

"Kita hanya lihat kondisi prajurit di lapangan bagaimana kesiapan dan sebagainya untuk mendukung tugas Operasional dari mabes TNI," ujarnya.

Diketahui, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik guna mengantisipasi kerumunan Reuni 212. Titik penutupan jalan menuju Monas dan Patung Kuda tersebut adalah Jalan MH Thamrin, Jalan Agus Salim, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan H Juanda, Jalan Veteran II, Jalan Veteran III, Jalan Veteran I, Jalan Majapahit, Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan.

Semua jenis kendaraan, termasuk TransJakarta, tidak bisa melewati kawasan terbatas itu hingga malam pukul 21.00 WIB. Imbasnya, seluruh kendaraan menuju kawasan Patung Kuda dan Monas akan dialihkan.

Berikut ini pengalihan arusnya:
- Kendaraan dari arah Jl MH Tamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan di Simpang Kebon Sirih.
- Kendaraan dari Jalan Abdul Muis diluruskan, sehingga tidak bisa ke arah Harmoni.
- Kendaraan dari arah Tugu Tani ke Jalan Merdeka Selatan diluruskan menuju Katedral atau ke arah Masjid Istiqlal.
- Kendaraan dari Harmoni ke Istana dibelokkan ke kiri ke Jl Ir H Juanda.
- Kendaraan dari arah Tomang diluruskan atau dibelokkan ke kiri ke arah Kota Tua.
- Jl Veteran I-III ditutup.

Tak Ada Rekomendasi Satgas COVID-19

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menjelaskan, pihaknya tidak akan mengeluarkan izin keramaian karena Satgas COVID-19 Provinsi DKI Jakarta tidak memberikan rekomendasi. Untuk itu, Polda Metro Jaya tidak akan memberikan izin kepada panitia Reuni 212.

"Oleh karena itu, mendasari rekomendasi Satgas COVID yang tidak memberikan rekomendasi kegiatan tersebut, maka Polda Metro Jaya tidak akan mengeluarkan izin," tegas Zulpan.

Simak video 'Jika Massa Reuni 212 Nekat Aksi, Ancaman Pidana Menanti!':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/fas)