Ada Pengalihan Penumpang KA di Gambir, Begini Kondisi Stasiun Jatinegara

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 08:37 WIB
Kondisi Stasiun Jatinegara (Anggi Muliawati/detikcom)
Kondisi Stasiun Jatinegara (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir diimbau untuk naik di Stasiun Jatinegara imbas penutupan kawasan Monas terkait rencana Reuni 212. Meski ada pengalihan ini, tidak terdapat kerumunan di Stasiun Jatinegara.

Pantauan detikcom di Stasiun Jatinegara pada Kamis (2/12) pagi, terpantau tidak ada penumpukan. Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan banyak penumpang yang mengatur waktu keberangkatan sehingga tidak terdapat kerumunan.

"Di Stasiun Jatinegara hari ini terpantau masih lancar, karena memang kalau kita lihat di Gambir banyak penumpang yang tetap berangkat dari Gambir juga, jadi kayanya mereka memang sudah mengatur waktu keberangkatan, kedatangannya," ujar Eva Chairunisa, Kamis (2/12/2021).

Sementara untuk penumpang dari Stasiun Jatinegara sendiri, Eva mengatakan cukup kondusif. "Kalau penumpang Jatinegaranya sendiri kondusif, saya tadi ngecek ke kepala stasiunnya," ujarnya.

Eva menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah hal untuk mengantisipasi kerumunan. Mulai dari sistem boarding, petugas, hingga protokol pemeriksaan.

"Kalau antisipasi ada pasti, kita kan sudah punya petugas, jadi kalau kita sudah deal begitu pasti sudah ada persiapan-persiapan, sistem boarding-nya, petugasnya, pemeriksaannya itu dan lain-lain sudah kami siapkan," ujarnya.

"Kemudian Stasiun Jatinegara juga hall-nya sudah besar, artinya sudah ada nanti lokasi-lokasi yang memang nanti kita tentukan untuk menjadi ruang tunggu area penumpang jarak jauh, itu sudah siap semua," imbuhnya.

Pengalihan Penumpang

Diberitakan sebelumnya, PT KAI memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) untuk 12 keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) imbas adanya penutupan kawasan Monas berkaitan rencana Reuni 212. Para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir diimbau untuk naik di Stasiun Jatinegara.

"Untuk memperlancar dan mempermudah akses pengguna jasa KA keberangkatan dari Stasiun Gambir pada tanggal 2 Desember 2021, PT KAI Daop 1 Jakarta pada tanggal tersebut untuk sementara akan memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) untuk 12 nomor KA di Stasiun Jatinegara, sehingga dapat melayani naik penumpang KA jarak jauh khusus jadwal keberangkatan KA mulai pukul 06.40 WIB sampai dengan pukul 13.15 WIB," kata Eva.

Adapun 12 KA keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara pada hari Kamis (2/12) diantaranya:

- KA 38A Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 06.40 WIB
- KA 14 Argo Muria (tujuan Semarang Tawang) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.05 WIB
- KA 46 Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.10 WIB

- KA 2B Argo Bromo Anggrek (tujuan Surabaya turi) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.20 WIB
- KA 18A Argo Cheribon (tujuan Cirebon) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.30 WIB
- KA 10C Argo Dwipangga (tujuan Solo Balapan) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.50 WIB
- KA 82D Taksaka (tujuan Yogyakarta) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.10 WIB
- KA 20F Argo Cheribon (tujuan Tegal) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.40 WIB
- KA 7046 (Tujuan Solo) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.50 WIB
- KA 48F Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 10.10 WIB
- KA 50F Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 12.30 WIB
- KA 52A Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 13.15 WIB

(isa/isa)