Ditutup dari Segala Penjuru, Kawasan Monas Sudah Steril Malam Ini

Wildan Noviansyah - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 01:46 WIB
Jakarta -

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, memastikan kawasan Monas dan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), steril jelang Reuni 212. Sejumlah antisipasi dilakukan mulai dari penutupan jalan hingga pemasangan kawat berduri.

"Malam ini tepat pukul 24.00 tadi, sebelas titik menuju kawasan Patung Kuda dan Monas kita tutup, kita lakukan sterilisasi," kata Sambodo di kawasan Kebon Sirih, Jakpus, Kamis (2/12/2021).

Di simpang antara MH Thamrin dan Kebon Sirih tampak kawat berduri yang membentang sepanjang kurang lebih 50 meter. Jalan menuju kawasan Monas dan Patung Kuda dari arah Harmoni, Abdul Muis, hingga Veteran pun ditutup.

"Untuk mengantisipasi adanya sekelompok masyarakat yang masih tetap nekat untuk melaksanakan Reuni 212. Kita pastikan tidak ada massa yang masuk ke Patung kuda. " kata dia.

Sambodo menambahkan, sebelumnya sudah terlihat pergerakan dari sejumlah massa Reuni 212. Namun, pihaknya mengimbau massa untuk putar balik.

"Sudah ada beberapa, tetapi sudah kita imbau untuk kembali saja. Nanti tanya ke Kabid Humas." tambahnya.

Berikut ruas jalan yang ditutup dan pengalihan arusnya:

- Kendaraan dari arah Jl MH Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan di Simpang Kebon Sirih.

- Kendaraan dari Jalan Abdul Muis diluruskan, sehingga tidak bisa ke arah harmoni.

- Kendaraan dari arah Tugu Tani ke Jalan Merdeka Selatan diluruskan menuju Katedral atau ke arah Masjid Istiqlal.

- Kendaraan dari Harmoni ke Istana dibelokkan ke kiri ke Jl Ir H Juanda.

- Kendaraan dari arah Tomang diluruskan atau dibelokkan ke kiri ke arah Kota Kua.

- Jl Veteran I-III ditutup.

(rfs/rfs)