Wagub DKI Targetkan 26 Ribu Titik Sumur Resapan Beres Akhir Desember 2021

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 00:02 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pembangunan sumur resapan tetap bergulir meskipun anggaran tahun 2022 ditiadakan. Riza menyebut sejumlah proyek sumur resapan sudah dianggarkan dalam APBD tahun ini.

"Iya tahun ini kan masih jalan. Kan anggarannya sudah ada, sudah ada, sudah ditenderkan pake E-catalog, sudah ditunjuk, tinggal proses pelaksanaan, penyediaan sedang melaksanakan sampai akhir selesai," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021).

Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan sumur resapan di 26 ribu titik hingga akhir Desember 2021. Sejauh ini, realisasinya baru 19.042 titik sumur resapan.

"Jadi sumur resapan itu yang sudah terpasang itu 19.042 titik sumur resapan dan terus diproses untuk mencapai 26.932 titik, sampai akhir Desember. Ini sedang kita upayakan," jelasnya.

"Jadi ada tipe beton, tipe modular, silahkan lah dikoordinasikan, dengan teman-teman di Dinas SDA atau dengan Sudin terkait, prinsipnya di Pemprov DKI Jakarta (sumur resapan) salah satu program pencegahan banjir," sambungnya.

Politikus Gerindra itu menyebut lokasi sumur resapan akan disesuaikan dengan kondisi di suatu wilayah. Sehingga, kata dia, penempatannya bakal ada yang di atas trotoar hingga di jalan raya.

"Memang tempatnya itu kan ada yang di jalan, ada yang di trotoar, ada yang di bagian pinggir trotoar, taman, disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat yang ada," ucapnya.