Membahana Protes Munarman di Sidang Perdana yang Akhirnya Ditunda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 21:07 WIB
Munarman selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus penculikan dan penganiayaan Ninoy Karundeng. Munarman tampak meninggalkan Polda Metro Jaya.
Munarman (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sidang perdana kasus terorisme Munarman diwarnai aksi protes. Sidang yang seharusnya membacakan dakwaan Munarman pun ditunda seminggu.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur awalnya memasuki ruang sidang sekitar pukul 09.35 WIB. Sebelum membuka persidangan, Munarman menyampaikan protes ke majelis hakim. Ada dua keberatan yang disampaikan Munarman ke majelis hakim.

Sidang Munarman juga tidak bisa diliput media. Sidang digelar secara terbuka, tapi media tidak diperbolehkan masuk ke ruang sidang. Wartawan hanya boleh mendengarkan persidangan melalui loudspeaker di lobi PN Jaktim.

Sesampai hakim di ruang sidang, Munarman pun menyampaikan sejumlah keberatan. Pertama, dia mengeluhkan soal jaksa yang memberikan surat pemanggilan sidang pada Selasa (30/11). Menurut Munarman, seharusnya jaksa memberikan surat pemanggilan 3 hari sebelum sidang.

Keberatan kedua adalah Munarman protes karena dia dan tim pengacaranya hingga saat ini tidak mendapat berita acara pemeriksaan (BAP) saksi di perkaranya. Munarman mengaku hanya mendapat BAP atas nama dirinya, sedangkan BAP lain terkait saksi tidak dia dapatkan.

Ketiga, Munarman menyampaikan keberatan tentang persidangan yang ia hadiri secara online. Munarman meminta majelis hakim memerintahkan jaksa agar menghadirkan dia ke ruang sidang.

"Mata saya kesulitan, Majelis Hakim, penasihat hukum, maupun jaksa penuntut umum. Saya nggak bisa lihat dengan jelas dari yang ada di situ sementara Perma 4/2020 harus bisa dilihat secara jelas, terima kasih," kata Munarman.

"Kalau terdakwa bilang ada kesulitan jalani sidang, tapi suara kami terdengar. Dari luar juga terdengar. Kami minta untuk perlindungan, jadi kami minta untuk didengar saja," timpal jaksa.

Simak video 'Minta Digelar Offline, Sidang Munarman Ditunda Minggu Depan':

[Gambas:Video 20detik]