Jadi Parpol Paling Informatif Versi KIP, Gerindra: Kami Transparan-Terbuka

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 15:39 WIB
Jakarta -

Partai Gerindra diaungerahi penghargaan sebagai partai politik (parpol) paling informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Penghargaan itu diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Hari ini kita menjadi saksi semua atas penganugerahan kepada Gerindra untuk yang kesekian kalinya bahwa partai yang kita cintai ini adalah partai yang dianggap transparan dan memiliki keterbukaan terhadap publik," kata Muzani dalam acara Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik oleh KIP di Kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Rabu (1/12/2021).

Muzani mengatakan penghargaan tersebut memotivasi Gerindra untuk terus menyajikan informasi yang maksimal kepada masyarakat. Termasuk informasi mengenai penggunaan dana parpol yang diberikan kepada Partai Gerindra.

"Penghargaan ini juga mendorong kami di Partai Gerindra untuk memberikan penjelasan dan keterangan kepada masyarakat. Tentang apa dan bagaimana menggunakan uang negara yang diberikan kepada partai Gerindra," jelas Muzani.

Menurut anggota DPR itu, dana parpol yang diterima Gerindra sangat besar. Karena itu, Partai Gerindra bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

"Jumlah uang negara yang diberikan kepada kami sangar besar kurang lebih Rp 17 sekian miliar. Uang itu bagi kami sangat besar karena nilainya cukup tinggi," kata Muzani.

"Menyadari bahwa jumlah uang yang diberikan negara kepada kami begitu besar, maka kami merasa itu adalah uang rakyat. Itu sebabnya kami membuka akses kepada publik untuk bebas bertanya baik datang langsung maupun online untuk menanyakan berbagai macam," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KIP Gede Narayana menilai keterbukaan akses informasi Gerindra kepada masyarakat sudah sempurna. Dia menyampaikan ucapan selamat untuk Partai berlambang burung Garuda tersebut.

"Bahwa Partai Gerindra melaksanakan keterbukaan informasi publik sesuai dengan UU yang ada di republik ini, yaitu UU Nomor 14/2008, sudah baik dan sudah melaksanakannya dengan sempurna. Selamat untuk Partai Gerindra," kata Gede.

Namun Gede meminta Gerindra jangan gampang merasa puas. Alasannya, masyarakatlah yang menjadi target utama dalam keterbukaan informasi.

"Jangan berpuas diri karena pada intinya masyarakat lah yang merasakan dari badan-badan publik yang salah satunya partai politik," ujarnya.

(rak/mae)