Malam Nataru Jakarta Berlaku Crowd Free Night, Ini Lokasi dan Jamnya

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 14:38 WIB
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan
Potret Jakarta saat diberlakukan crowd free night. (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Polda Metro Jaya akan menerapkan crowd free night (CFN) di malam Natal dan tahun baru 2022 (nataru). Crowd free night akan digelar di beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian di Jakarta dan sekitarnya.

"Yang jelas, (CFN) tidak saja kita laksanakan di Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran HI yang selama ini menjadi titik keramaian untuk pergantian malam tahun baru," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Selain lokasi tersebut, Sambodo mengatakan, pihaknya akan memfokuskan CFN di beberapa titik keramaian lainnya. Misalnya, di lokasi tongkrongan anak muda hingga tempat wisata.

"Nah, tetapi kita juga akan melaksanakan di semua titik di Jakarta yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada malam pergantian tahun. Misalnya, Kemayoran, Kota Tua, Kemang," kata dia.

"Kemudian, daerah lainnya, Munawarman, misalnya, Senopati, yang memang akan menjadi titik keramaian untuk malam pergantian tahun," tambahnya.

CFN akan digelar mulai 31 Desember 2021, pukul 19.00 WIB sampai 1 Januari 2022, pukul 04.00 WIB. Dalam pelaksanaannya, pihak kepolisian dibantu oleh jajaran TNI dan Pemprov DKI.

Sama seperti pemberlakuan CFN sebelumnya, Sambodo mengatakan, penindakan hanya berupa perintah untuk memutar balik. Lokasi CFD akan dijaga petugas.

"Penindakannya tidak, seperti yang selama ini berjalan saja di CFN. Kita hanya putar balik saja," ujarnya.

(mea/mea)