Tjahjo Tegaskan Tak Ada Visi Misi Menteri, Presiden Ingin Kerja Cepat

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 14:07 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Isal Mawardi/detikcom)
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan masih ada menteri yang tidak paham visi-misi presiden. Hal itu terjadi saat tahun pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di tahun pertama pemerintahan Pak Jokowi, mohon maaf pak Menko (Mahfud Md) masih ada menteri yang nggak paham visi-misi presiden, sehingga dia membuat visi-misi sendiri, menjabarkan visi-misi presiden, ini kan sudah repot. Tahun pertama pemerintahan Pak Jokowi," kata Tjahjo dalam acara peningkatan pelaksanaan reformasi birokrasi yang diselenggarakan Kemenko Polhukam di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Tjahjo menegaskan tidak ada visi-misi menteri. Dia menyebut hanya ada visi-misi presiden.

"Tidak ada visi-misi menteri, yang ada visi-misi presiden dan wakil presiden," ujarnya.

Tjahjo menilai forum diskusi mengenai reformasi birokrasi ini sangat penting untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Dia menyampaikan Presiden Jokowi ingin jajarannya bekerja cepat dan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton.

"Tadi juga sudah disinggung, maka forum ini sangat sangat bagus untuk mengevaluasi secara keseluruhan. Pak Jokowi ingin adanya kerja cepat, kerja keras dan kerja produktif, jangan terjebak rutinitas yang monoton," tuturnya.

"Rutinitas yang monoton ini lah kuncinya Bappenas kuncinya Departemen Keuangan, kuncinya Kemendagri," lanjutnya.

Simak juga 'Tjahjo Kumolo Ingin Bangun ASN Merdeka yang Bisa Pindah ke BUMN-Swasta':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/yld)