Kawasan Monas-Patung Kuda Ditutup Mulai Pukul 00.00 WIB Antisipasi 212

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 12:19 WIB
Jl Medan Merdeka Barat menuju ke arah istana ditutup, Senin (29/11/2021) pukul 13.57 WIB
Jl Medan Merdeka Barat menuju Istana ditutup, Senin (29/11/2021), pukul 13.57 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menutup kawasan Monas, Jakarta Pusat, mulai dini hari nanti. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi adanya massa Reuni 212.

"Jadi dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan 212 yang tetap mereka memaksa untuk melakukan kegiatan tersebut, padahal Polda Metro Jaya tidak memberikan izin terhadap kegiatan tersebut. Kami dari Polda Metro Jaya, akan melaksanakan penyekatan di seputar kawasan Bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021).

Sambodo mengatakan penutupan diberlakukan mulai dini hari ini hingga pagi, Kamis (2/12). Lalu lintas akan dialihkan ke jalur alternatif.

"(Penyekatan)akan berlaku mulai pukul 24.00 WIB nanti malam sampai dengan setidaknya pukul 21.00 tanggal 2 Desember besok," imbuhnya.

Kawasan Terbatas (Restricted Area)

Kawasan Patung Kuda dan kawasan Monas akan ditetapkan sebagai kawasan terbatas pada jam-jam tersebut. Seluruh kendaraan tanpa kecuali dilarang melintas kawasan terbatas Patung Kuda dan Monas.

"Area yang akan ditutup adalah area di sekitar Patung Kuda dan Monas. Jadi semua area yang berwarna merah ini, dinyatakan sebagai kawasan terbatas. Semua kendaraan mulai nanti malam tidak boleh memasuki kawasan ini. Semua kawasan ini menjadi kawasan terbatas dan tidak boleh dilewati oleh kendaraan apa pun," jelasnya.


Filterisasi Kendaraan

Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan filterisasi kendaraan mulai malam ini. Hanya kendaraan tertentu yang boleh melintas di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Nah, termasuk kawasan-kawasan yang menuju ke daerah ini, nanti kita akan melakukan filterisasi. Artinya, seperti misalnya di Semanggi, Tugu Tadi, kemudian di sepanjang Sudirman-Thamrin, filterisasi artinya khusus untuk masyarakat masih bisa melintas. Tapi untuk para massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas," katanya.

Seperti diketahui panitia mengubah kegiatan Reuni 212. Yang semula akan digelar di MAsjid Az Zikra Sentul, Bogor, kini menjadi di Patung Kuda pada pagi hari dan Masjid Az Zikra pada malam hari.

Polda Metro Jaya sendiri tegas melarang kegiatan Reuni 212 digelar. Tidak di Patung Kuda atau di tempat lain di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Simak video 'Kata Polisi soal Reuni 212 Batal Digelar di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)