Ketua KPK Heran Sudah Banyak OTT tapi Korupsi Masih Ada Terus

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 11:52 WIB
Proses pelantikan 1.271 pegawai KPK jadi ASN curi perhatian publik. Ketua KPK Firli Bahuri pun angkat suara terkait proses pelantikan para pegawai KPK tersebut.
Ketua KPK Firli Bahuri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri menyebut penangkapan atau operasi tangkap tangan (OTT) banyak dilakukan KPK. Namun Firli heran mengapa korupsi masih terus ada.

"KPK betul-betul konsentrasi untuk melakukan pemberantasan korupsi, sampai-sampai saya dan pimpinan lain, begitu kami dilantik, kami susun, kami lakukan evaluasi, penangkapan sudah banyak, OTT ada, tapi korupsi masih ada terus. Kalau begitu, di mana yang harus kita lakukan," kata Firli di 'Seminar Nasional: Transformasi Perizinan Berbasis Risiko pada Sektor Pertambangan' pada YouTube KPK, Rabu (1/12/2021).

Karena itu, Firli pun menyiapkan tiga strategi untuk melakukan pemberantasan korupsi. Salah satunya, dengan memberikan upaya pendidikan masyarakat dalam mencegah korupsi.

"Sehingga akhirnya KPK menentukan tiga strategi untuk melakukan pemberantasan korupsi, termasuk kegiatan hari ini, ini adalah upaya pendidikan masyarakat dan pencegahan tindak pidana korupsi," ujar Firli.

Selain itu, KPK tak akan lelah memberikan pendidikan antikorupsi kepada masyarakat. Menurut Firli, dengan pendidikan tersebut, nilai-nilai antikorupsi akan tertanam di masyarakat.

"Kenapa melakukan kalimat pendidikan masyarakat menjadi penting, karena, satu, landasannya adalah karena kita ingin ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Yang kedua karena, melalui pendidikan, kita akan tanamkan nilai-nilai antikorupsi. Dengan pendidikan masyarakat, kita akan bangun karakter karakter budaya antikorupsi," ujarnya.

"Dengan karakter tadi, maka akan timbul budaya antikorupsi, budaya antikorupsi akan berubah menjadi peradaban antikorupsi," sambung Firli.

Simak juga video 'Firli ke Pegawai: Jadi ASN Jangan Sampai Hambat Tugas Pokok KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/mae)