Polda Metro Tegaskan Tak Beri Izin Reuni 212 di Patung Kuda!

Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 20:21 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Panitia mengubah agenda Reuni 212 yang semula digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, kini juga menyatakan akan menggelarnya di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Terkait hal ini, Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan mengeluarkan izin untuk acara tersebut.

"Polda Metro tegas tidak akan berikan izin untuk kegiatan ini. Kami sudah sampaikan tidak akan berikan izin," ujar Kabid Humas Polda Metr Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi detikcom, Selasa (30/11/2021).

Zulpan mengatakan izin keramaian diterbitkan oleh pihak kepolisian. Namun, dalam penerbitan ini, panitia acara harus melengkapi syarat administrasi yang telah ditentukan.

Di masa pandemi COVID-19 ini, panitia yang mengundang kerumunan massa harus mendapatkan rekomendasi dari Satgas COVID-19. Dalam hal ini, kata Zulpan, Satgas COVID-19 sudah menyatakan tidak akan memberikan rekomendasi.

"Oleh karena itu, mendasari rekomendasi Satgas COVID yang tidak memberikan rekomendasi kegiatan tersebut, maka Polda Metro Jaya tidak akan mengeluarkan izin," jelas Zulpan.

Polda Metro Jaya sebelumnya mengapresiasi panitia karena tidak menyelenggarakan Reuni 212 di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Namun, dengan adanya perubahan agenda tersebut, Polda Metro Jaya kembali menegaskan tidak akan memberikan izin.

"Kami tegaskan kembali, Polda Metro Jaya tidak memberikan izin," ujar Zulpan.

Lantas, bagaimana apabila Reuni 212 tetap dipaksakan digelar di Patung Kuda?

"Yang jelas kami tidak akan berikan izin. Kami harap mereka bisa mematuhi aturan ini, aturannya sudah jelas ada di Pasal 510 KUHP kalau tetap memaksakan kehendak," tuturnya.

Zulpan meminta perhatian kepada panitia untuk tidak menggelar Reuni 212 dengan pertimbangan dikhawatirkan berpotensi menimbulkan klaster baru Corona. Ia mengatakan pihaknya mengedepankan keselamatan rakyat.

"Agar memahami, saat ini kan situasi pandemi, tentu ini tidak baik. Apalagi Satgas COVID tidak memberikan rekomendasi," tamahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....

Saksikan video 'Kata Polisi soal Reuni 212 Batal Digelar di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]